Google Doodle Menampilkan Gambar Kapal Pinisi, Ini Sejarahnya

Google Doodle Menampilkan Gambar Kapal Pinisi, Ini Sejarahnya

Google Doodle Menampilkan Gambar Kapal Pinisi, Ini Sejarahnya--

SILAMPARITV.CO.ID - Google Doodle menampilkan gambar kapal pinisi hari ini, 7 Desember 2023. Kapal legendaris ini menjadi salah satu simbol kebudayaan dan kemaritiman Indonesia yang telah mendunia.

Kapal pinisi adalah salah satu warisan budaya maritim Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan kaya akan keahlian konstruksi kapal tradisional. 

Dikenal karena bentuknya yang khas dan kemampuannya untuk berlayar di perairan Indonesia yang beragam, kapal pinisi telah menjadi simbol keberanian, keuletan, dan keahlian para pembuat kapal tradisional.

Sejarah kapal pinisi dapat ditelusuri kembali ke abad ke-14, ketika kapal-kapal ini digunakan oleh para pedagang Bugis dan Makassar untuk berlayar menjelajahi wilayah perairan Nusantara. 

BACA JUGA:Unik! Thailand Kembali Gelar Festival Monyet, Diperlakukan Sebagai Tamu

Kapal pinisi telah menjadi sarana penting dalam perdagangan rempah-rempah, budaya, dan perdamaian di wilayah-wilayah kepulauan Indonesia. 

Dengan kemampuannya yang tangguh untuk melintasi laut lepas dan berlayar di perairan dangkal, kapal pinisi menjadi pilihan utama bagi para pelaut Indonesia pada masa lalu.

Dalam Pembuatannya kapal pinisi juga melibatkan ritual-ritual adat, seperti memilih hari baik, memotong pohon, memasang tiang, hingga meluncurkan kapal ke laut. 

Pembuatan kapal pinisi biasanya secara gotong royong oleh para pembuat kapal yang memiliki keahlian turun temurun.

BACA JUGA:Bakal Rilis Di Indonesia, Berikut Bocoran Harga & Spesifikasi Realmi C67

Kapal pinisi memiliki bentuk yang khas, dengan dua tiang utama yang membawa tujuh helai layar berbentuk segitiga. 

Tujuh layar ini melambangkan kemampuan nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengarungi tujuh samudera di dunia.

Salah satu ciri khas kapal pinisi adalah penggunaan tenaga layar untuk menggerakkan kapal. 

Meskipun seiring dengan perkembangan teknologi, banyak kapal pinisi yang kini telah menggunakan mesin, namun keberadaan kapal pinisi dengan kemampuan berlayar tradisionalnya masih tetap dilestarikan. 

Sumber: