Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 10 Halaman 158 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 10 Halaman 158 Semester 2 Kurikulum Merdeka--ist
SILAMPARITV.CO.ID - Bagi siswa kelas 10 SMA yang sedang mempelajari mata pelajaran Pendidikan Pancasila, berikut ulasan lengkap mengenai kunci jawaban halaman 158 semester 2 berdasarkan Kurikulum Merdeka.
Jawaban ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam menjawab soal-soal Asesmen Sumatif Bab 3 Pendidikan Pancasila. Dengan memahami materi ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah dalam menyelesaikan tugas dan meningkatkan pemahamannya terhadap nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagaimana dikutip dari laman resmi buku.kemdikbud.go.id, berikut adalah kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 10 halaman 158 yang dapat dijadikan panduan dalam pembelajaran.
Asesmen Sumatif Bab 3
BACA JUGA:Retreat di Akmil Magelang: Gubernur Herman Deru Peroleh Wawasan Baru untuk Pembangunan Sumsel
BACA JUGA:Tersandung Kasus Korupsi BBM, Ini Deretan Harta Kekayaan Riva Siahaan
Penilaian 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang pada satu pilihan jawaban yang benar!
1. Perhatikan pilihan berikut!
1) Kitab Negarakertagama
2) Kitab Sutasoma
3) Mpu Prapanca
4) Mpu Tantular
5) Kerajaan Majapahit
6) Kerajaan Singosari
Berdasarkan pilihan di atas, asal-usul semboyan bhinneka tunggal ika berdasarkan asal kitab, penulis, dan kerajaan ditunjukkan pada nomor ...
BACA JUGA:Pertamina Tegaskan Tidak Ada Oplosan Pertalite ke Pertamax dalam Kasus Korupsi Minyak Mentah
BACA JUGA:Pertamina Pastikan Tidak ada Pengoplosan Pertamax, Masyarakat Diminta Tidak Khawatir
A. 1), 3), 5)
B. 1), 4), 5)
C. 2), 3), 6)
D. 2), 4), 5)
E. 2), 4), 6)
Jawaban : D. 2), 4), 5)
2. Pembangunan ekonomi diarahkan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, sebagai bagian dari masyarakat, rakyat merupakan subjek dalam pembangunan yang berarti ...
A. Tujuan yang hendak dicapai dalam setiap tahapan pembangunan
B. Sarana yang dibutuhkan dalam proses pembangunan
C. Sebagai bahan untuk menjalankan proses produksi
D. Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan perekonomian
E. Aktor atau pelaku yang menentukan sifat atau corak perekonomian
Jawaban: E. Aktor atau pelaku yang menentukan sifat atau corak perekonomian
3. Landasan konstitusional dari perekonomian merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan yaitu Pasal ...
BACA JUGA:Mengenal Doa Kamilin: Amalan Sunnah yang Dianjurkan Setelah Sholat Tarawih
A. 33 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945
B. 33 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945
C. 33 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945
D. 34 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945
E. 34 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945
Jawaban: A. 33 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945.
4. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini menjadi fitrah manusia. Oleh karena itu, dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya ...
A. Tenggang rasa
B. Gotong royong
C. Komunikasi
D. Saling menghormati
E. Kontrak sosial
Jawaban: B. Gotong royong
5. Sebagai identitas budaya bangsa Indonesia, tradisi gotong royong sarat dengan nilai-nilai luhur. Berikut ini nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi gotong royong, kecuali ...
A. Menguatkan solidaritas sosial
B. Sikap kebersamaan
C. Saling menolong
D. Menghargai perbedaan
E. Menguatkan sikap individualisme
Jawaban : E. Menguatkan sikap individualisme
BACA JUGA:Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Lengkap dengan Kunci Jawaban
BACA JUGA:Jadwal Acara TV Kamis, 27 Februari 2025: Copa del Rey Real Sociedad vs Real Madrid LIVE di RCTI
Sumber: