5 Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami dan Berkilau

5 Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami dan Berkilau

Gigi--

SILAMPARITV.CO.ID - Gigi kuning sangat menurunkan kepercayaan terhadap diri sendiri, apalagi kita berbicara di hadapan semua orang atau di depan kekasih.

Gigi yang menguning disebabkan oleh beberapa faktor. Gigi yang menguning sangat terlihat kusam dan membuat diri kurang percaya diri di hadapan semua orang.

banyak semua orang ingin dna berusaha memutihkan gigi kuning dan beralih kedoktor, biasanya jika ingin memutih gigi ke doktor banyak doktor mengunakan bahan kimia seperti peroksida atau carbamide peroksida di dalamnya. 

Maka dari itu, jika anda ingin membersihkan bekas noda gigi dan ingin memutih gigi ternyata kita bisa juga mengobati dengan cara bahan yang alami.

BACA JUGA:Menu Sarapan Pagi Simpel dan Bergizi, Bikinnya Gak Sampai 30 Menit

Berikut Caranya:

1.Baking Soda

Mungkin kita tau apa itu soda, soda adalah bumbu untuk membuat kue,Soda sendiri memiliki khasiat sebagai pemuith gigi secara alami, baking soda pun merupakan bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, soda kue dapat menciptakan lingkungan alkali di dalam mulut untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, hasilnya tidak akan terlihat hanya dengan satu kali penyikatan.

Berikut Cara mengunakan bahan soda sangat mudah,Kita campurkan satu atau dua sendok teh soda lalu kita campurkan dengan air yang secukupnya, lalu aduk hingga merata dan jadi seperti pasta. Selanjutnya, letakkan di sikat gigi lalu kita gosok dan bilas di permukaan gigi hingga bersih.

Kita bisa melihat hasilnya sekitar 2 minggu. Apabila sudah terlihat hasilnya, kurangi pemakaian menjadi 1 minggu. Sebab, sifat abresif dari soda itu dapat mengikis lapisan email gigi dan berpotensi merusak gigi.

BACA JUGA:Nikmati Suasana Malam Nataru di Jembatan Pelangi Muratara, Cocok Dijadikan Spot Foto

2. Minyak Kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa alami adalah salah satu kita mengatasi kesehatan gigi dan gusi karena memiliki kandungan sifat anti bakteri.minyak kelapa asam larut yang di kenal dapat mengurangi peradangan gusi,Serta mengurangi bau mulut.

Jangan Khawatir apabila kita berkumur dengan minyak kelapa tidak memiliki efek atau dampak dalam memutih gigi, berkumur dengan minyak kelapa itu hanya bisa mengurai dan melarutkan bakteri di dalam plak saja. Sehingga, sesudah berkumur akan terlihat sisa makanan dan plak ikut terbuang dan menjadi bersih.

Cara menggunakannya, ambil satu sendok makan lalu minyak kelapa, berkumurlah selama 15 menit hingga 20 menit kemudian kita buang dan lanjutkan menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan. Beberapa penelitian pernah menyatakan cuka sari apel bisa memutihkan gigi. Namun, percobaan tersebut dilakukan terhadap gigi sapi, bukan gigi manusia yang masih memiliki pembuluh darah dan gusi.

BACA JUGA:Budidaya Maggot dengan Kelola Sampah Organik, Pembudidaya Ikan Harus Tau Ini!

Cuka sari apel mengandung Asam asetat yang merupakan bahan aktif utama berfungsi untuk membunuh bakteri. Cuka sari apel dengan pH 2,5 dan 3 termasuk larutan bersifat asam. 

Cuka sari apel yang terlalu lama berkontak dengan gigi dapat melarutkan lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Jadi, sangat tidak disarankan untuk memutihkan gigi dengan menggunakan cuka sari apel.

4. Siwak

Menggunakan batang siwak adalah salah satu cara untuk membersihkan gigi pada kebanyakan kaum muslim lebih dari ribuan tahun yang lalu. 

Biasanya, siwak digunakan sebagai alat penunjang setelah menyikat gigi. Siwak memang efektif dalam membersihkan plak gigi dan menjaga kesehatan gusi. 

BACA JUGA:Serasa Liburan ke Jepang, Jelajahi Wisata Bukit Sakura di Lampung

Namun, penggunaan siwak memiliki efek samping yaitu adanya penurunan gusi dan juga terlepasnya perlekatan antara gigi dan gusi

5. Air Garam

Berita tentang berkumur dengan air garam sebagai salah satu cara alami untuk memutihkan gigi banyak terdapat di media-media sosial. Namun, berita tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Berkumur dengan air garam memang memiliki banyak manfaat baik. Dalam Journal of Indian Society of Pedodontics & Preventive dentistry, air garam dapat mengurangi penumpukan plak gigi dan berguna sebagai tambahan dalam pembersihan gigi untuk pencegahan penyakit gigi dan mulut. 

Dengan berkurangnya penumpukan plak pada gigi, maka otomatis gigi akan terlihat lebih bersih dan putih. Kemungkinan hal inilah yang menyebabkan banyak berita mengatakan bahwa air garam dapat memutihkan gigi secara alami. 

BACA JUGA:4 Meninggal Dunia, KA Feeder Whoosh Tabrak Minibus di Bandung Barat

Jadi, pemakaian baking soda untuk sikat gigi sebenarnya tidak disarankan. Lebih baik menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda karena sudah pasti aman dan efektif untuk membantu membersihkan gigi kuning.

Sumber: