Kenali Penyebab Masalah Temperatur Mobil Tiba-tiba Meningkat, Awas Jangan Sampai Tak Terdeteksi

Kenali Penyebab Masalah Temperatur Mobil Tiba-tiba Meningkat, Awas Jangan Sampai Tak Terdeteksi

--

BACA JUGA:Ingin Aki Mobil Awet, Biasakan Untuk lakukan Ini, Dijamin Bisa Tahan Lama

Air Radiator

Air radiator yang tidak mencukupi atau terdapat kebocoran pada sistem air radiator juga dapat menjadi faktor penyebab kenaikan suhu mesin secara tiba-tiba. 

Air radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Kekurangan air radiator dapat mengakibatkan mesin menjadi overheat dengan cepat. 

Oleh karena itu, selalu pastikan untuk memeriksa tingkat air radiator secara berkala dan menambahkan air radiator sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Lakukan Hal Ini Pada Wiper Mobil Anda, Dijamin Lebih Awet

Kipas Radiator

Salah satu penyebab utama dari kenaikan temperatur yang tiba-tiba adalah kipas radiator yang tidak berfungsi dengan baik. 

Kipas radiator memiliki peran penting dalam mendinginkan cairan pendingin yang mengalir di dalam sistem pendingin mobil. 

Jika kipas ini tidak berputar atau berputar dengan kecepatan yang tidak mencukupi, maka udara yang diperlukan untuk mendinginkan cairan pendingin tidak akan tersirkulasi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu yang signifikan pada mesin mobil.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terjebak di Tengah Liburan, Cek Dulu Kendaraanmu!

V-Belt atau Tali Kipas

Selain kipas radiator, v-belt atau tali kipas yang longgar juga dapat menjadi penyebab dari masalah ini. 

V-belt berperan dalam menggerakkan kipas radiator sehingga jika terjadi putus atau kendur, kipas tidak akan berputar dengan baik atau bahkan sama sekali tidak berputar. 

Akibatnya, sistem pendingin tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, menyebabkan kenaikan suhu pada mesin.

Sumber: