Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengembangkan berbagai modul pembelajaran untuk para guru. Salah satu modul yang tengah menjadi perhatian adalah Modul 2 Topik Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis dalam Kurikulum Merdeka.

Sebagai bagian dari proses pembelajaran dalam modul ini, para guru diwajibkan untuk mengikuti Post Test guna mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari. Untuk membantu dalam memahami konsep-konsep utama, berikut adalah beberapa pertanyaan kunci yang sering muncul dalam Post Test serta referensi jawaban yang dapat dijadikan panduan dalam menyelesaikan soal.

Modul Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

BACA JUGA:Harga Bahan Pokok di Pasar Inpres Lubuklinggau Naik Jelang Idul Fitri, Masyarakat Mengeluh

BACA JUGA:Panduan Lengkap Sholat Idul Fitri: Bacaan Takbir, Tasbih, dan Tata Cara Pelaksanaannya

 

Post Test

 

Soal 1

 

Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali ...

 

A. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?

B. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?

C. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?

D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

 

 

 

Jawaban: D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

 

Soal 2

BACA JUGA:Disbudpar Musi Rawas Lakukan Penataan Danau Aur Sambut Libur Lebaran, Pengunjung Diprediksi Membludak

BACA JUGA:Mudik Gratis dengan Kereta Api di Sumsel, Kapolrestabes Palembang dan Wagub Sumsel Lepas Ribuan Pemudik

 

Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan ...

 

A. Menggagas alternatif solusi

B. Menimbang alternatif solusi

C. Mengimplementasi solusi

D. Mengevaluasi solusi

 

Jawaban: A. Menggagas alternatif solusi.

 

 

 

Soal 3

Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.

Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi ...

BACA JUGA:Pererat Silaturahmi, DPC Hiswana Migas dan Pertamina Patra Niaga Linggau Gelar Buka Puasa dengan Insan Pers

BACA JUGA:Mudik Gratis Bersama BUMN, PLN Berangkatkan 11.300 Pemudik ke Berbagai Daerah

 

A. Apa yang saya pelajari?

B. Apa yang saya sudah mengerti?

C. Apa yang saya belum mengerti?

D. Bagaimana supaya saya mengerti?

 

Jawaban: D. Bagaimana supaya saya mengerti?

 

 

 

Soal 4

 

Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.

Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah ...

 

A. Pelan-pelan dan berefleksi

B. Terbuka terhadap sudut pandang lain

C. Antisipasi berbagai dampak

D. Bertanggung jawab terhadap keputusan

 

 

 

 

 

Jawaban: B. Terbuka terhadap sudut pandang lain.

BACA JUGA:Jelang H-5 Idul Fitri, Manajemen PLN S2JB Perkuat dukungan ke Petugas Posko Siaga Hingga Lakukan Inspeksi SPKL

BACA JUGA:Tips PLN Amankan Listrik Rumah Saat Mudik Lebaran 2025

Sumber: