Ada Sunnah Rasulullah SAW yang Mulai Ditinggalkan Saat Ini

Ada Sunnah Rasulullah SAW yang Mulai Ditinggalkan Saat Ini

Ada Sunnah Rasulullah SAW Yang Mulai Ditinggalkan Saat Ini--

SILAMPARITV.CO.IDSunnah Rasulullah SAW yang mungkin saat ini sudah mulai dilupakan oleh sebagian umat Muslim. Adapun sunah yang dimaksud ialah pilihan surat Al-Quran yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW untuk dibaca ketika mengerjakan shalat sunnah fajar dua rakaat atau shalat sunnah qobliah subuh.

Didalam mengerjakan shalat sunnah Nabi Muhammad SAW biasa memperpanjang bacaan surat saat melaksanakannya dan terkadang juga mempersingkat bacaannya sesuai keadaan dan waktu yang ada.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Rasulullah SAW dalam dua rakaat fajarnya beliau membaca "qul yaa ayyuhal kaafiruun" dan "qul huwallahu 'ahad". (HR. Muslim)

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Ketika Menghadapi Kejahatan dan Kezaliman Seseorang

Menurut penjelasan hadits diatas, Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW biasanya membaca surat Al-Kafirun serta surat Al-Ikhlas masing-masing setelah membaca surat Al-Fatihah, disaat dalam melaksanakan shalat sunnah fajar dua rakaat atau shalat sunnah qobliah subuh.

Surat Al Kafirun merupakan surat yang mengandung pengingkaran terhadap apa yang disembah oleh orang-orang kafir, sekaligus penegasan bahwasannya umat Muslim jelas berbeda atau tidak sama dengan orang-orang kafir. Adapun Surat Al-Ikhlas merupakan surat yang mengandung penegasan tauhid kepada Allah SWT.

Kedua surat tersebut juga merupakan dua surat ringan yang sesuai dengan ringannya dua rakaat sunnah sholat fajar atau shalat sunnah qobliyah subuh.

Penjelasan Hadits diatas juga menunjukkan akan salah satu keistimewaan dari Nabi Muhammad SAW yaitu dengan meringankan pelaksanaan shalat sunnah fajar dengan membaca dua surat pendek tersebut.

Shalat sunnah fajar dua rakaat ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA,  bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Ingin Dimudahkan Segala Urusan Dalam Kehidupan? Berikut Doanya Segera Diamalkan!

"Dua rakaat (sebelum) fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya" (HR Muslim).

Waktu pelaksanaan shalat sunnah fajar dua rakaat atau shalat sunnah qobliyah subuh yaitu diantara adzan dan iqamat shalat Subuh. Yang menjadi landasannya yaitu  hadits dari Aisyah RA, beliau berkata, "Biasanya Nabi SAW senantiasa mengerjakan sholat ringkas dua rakaat antara adzan dan iqamat Subuh". (HR Muslim)

BACA JUGA:Ingin Terhindar dari Penyakit Ain? Berikut Tata Cara dan Doa yang Perlu Diamalkan!

Sumber: