3 Amalan Singkat Sebelum Tidur yang Wajib Kamu Ketahui!

3 Amalan Singkat Sebelum Tidur yang Wajib Kamu Ketahui!

ilustrasi amalan sebelum tidur--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPernahkah kita memikirkan kebiasaan sebelum tidur yang dicontohkan Rasulullah? Saat kita pulang kerja, menelusuri media sosial, makan, mandi, dan segera tidur mungkin menjadi satu-satunya aktivitas kita.

Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sesuai Sunnah Nabi, ada berbagai kebiasaan sebelum tidur menurut ala Rasulullah. Penasaran? Sekarang mari kita lihat beberapa amalan singkat yang wajib kita ketahui.

1. Rasulullah SAW mandi Sebelum Tidur (BERWUDHU)

“Jika ingin tidur hendaknya mandi seperti mandi shalat, lalu berbaring miring ke kanan badan” (HR. Bukhari No. 247 dan Muslim n° 2710).

BACA JUGA:Ingin Momen Hari Ibu Lebih Spesial? Berikut Ucapan Selamat Hari Ibu Menyentuh Hati

Hadits Nabi diatas menganjurkan kita untuk mandi sebelum tidur. Walaupun mandi biasa kita lakukan saat ingin shalat, ternyata mandi juga termasuk amalan yang dianjurkan Nabi sebelum tidur.

Kini sahabat bisa memperatekkan dan mengamalkan amalan tersebut sebelum tidur. 

2.Rasulullah mengajarkan kita membersihkan tempat tidur 

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah: “Jika salah satu dari kalian harus tidur, hendaklah dia mengambil selembar kain dan menutupi tempat tidurnya dengan itu sambil mengucapkan: 'bismillah. ", karena dia tidak tahu apa yang terjadi setelah dia meninggal." (HR. Bukhari No. 6320).

BACA JUGA:Nginap Dimana Saja Diskon 1 Juta dengan Traveloka Selamat Libur Tahun Baru

Rasulullah kerap berpesan kepada umatnya untuk menjaga kebersihan  dalam berbagai aspek kehidupan. Begitu pula saat tidur, Nabi berpesan kepada umatnya untuk menjaga kebersihan tempat tidurnya.

Jika sesuai dengan  pembahasan kali ini, maka kita perlu membersihkan  tempat tidur kita agar tetap bersih karena kebersihan juga adalah sebagian dari iman. Yuk, latih kebiasaan menjaga kebersihan sebelum tidur.

3.Rasulullah Membaca Surah AL- IKHLAS, AL- FALAQ, ANNAS, Ayat kursi dan doa sebelum tidur

Nabi selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT sebelum tidur. Kita bisa meniru membaca surat pendek untuk membantu kita tidur lebih nyenyak dan mengingatkan kita  bahwa Allah SWT selalu melindungi kita.

Sumber: