7 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Di Ketahui Bagi Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Di Ketahui Bagi Kesehatan

manfaat daun kelor untuk kesehatan--pixabay

SILAMPARITV.CO.IDManfaat daun kelor bagi kesehatan antara lain mampu mengusir radikal bebas, menguatkan tulang, menurunkan kadar gula darah, dan melancarkan pencernaan.

Daun kelor sering digunakan sebagai pengobatan herbal atau pengobatan alami.

Melansir dari laman halodoc.com, Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang memiliki ciri fisik mulai dari hijau hingga hijau kecokelatan. Bentuknya kecil dan bulat, dengan tepi daun yang rata.

Manfaat dari daun kelor yang paling umum adalah mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh ASI pada ibu yang sedang menyusui.

BACA JUGA:7 Kebiasaan Bikin Awet Muda, Bantu Dorong Produksi Kolagen

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor berupa kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium dan asam folat. Selain itu juga mengandung vitamin A, B dan C.

Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh:

Selain membantu meningkatkan dan memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui, ada juga beragam manfaat daun kelor yaitu sebagai berikut:

1. Membantu mencegah radikal bebas

BACA JUGA:Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cobain!

Penggunaan daun kelor yaitu dapat membantu mengusir radikal bebas. Hal ini disebabkan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Kadar radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Manfaat daun kelor yaitu dapat menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Mekanisme kerjanya adalah meningkatkan efektivitas hormon insulin dan dapat mencegah resistensi insulin. 

Sumber: