Hobi Makan Seblak? Ini Dia Bahaya Makan Seblak Secara Berlebihan

Hobi Makan Seblak? Ini Dia Bahaya Makan Seblak Secara Berlebihan

ilustrasi seblak--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSeblak merupakan salah satu makanan favorit di usia kalangan remaja. Namun ternyata, makan seblak secara berlebihan dapat memberikan dampak bahaya bagi kesehatan.

Simak artikel berikut bahaya makan seblak secara berlebihan.

1. Hati-hati dengan kandungan natrium yang tinggi saat mengonsumsi Seblak

Untuk menyeimbangkan rasa pedasnya, sering kali ditambahkan garam dalam jumlah besar saat menyiapkan bumbu seblak. Hal ini meningkatkan rasa asin dan membuatnya lebih lezat, namun terlalu banyak garam dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. 

Garam dan natrium baik untuk Anda dalam jumlah kecil, tapi terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

BACA JUGA:Suka Minum Air Kelapa? Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari laman SehatQ,  terlalu banyak mengonsumsi natrium akan meningkatkan risiko  berbagai penyakit berbahaya. Contohnya adalah tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung, osteoporosis, kanker lambung, penyakit ginjal, dan batu ginjal. 

Hal paling ringan yang mungkin Anda alami adalah  pusing dan jantung berdebar akibat tekanan darah yang tidak stabil.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi natrium juga tidak baik untuk penampilan, lho. Natrium mempunyai khasiat menahan air di dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh terlihat lebih besar atau kembung dan berat badan pun bertambah. 

Wajah Anda akan menjadi kurang berkilau dan kering jika terlalu sering mengonsumsi garam.

BACA JUGA:Rutin Bangun Jam 4 Pagi, Berikut Manfaatnya!

2. Seblak terlalu pedas

Tren lain yang muncul seiring dengan kepopuleran seblak adalah adanya tantangan persaingan untuk menyantap seblak dengan tingkat kepedasan yang tinggi. 

Mengonsumsi seblak dengan bumbu pedas sesekali menjadi tantangan dan menambah nafsu makan. Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas juga berdampak buruk pada proses pencernaan.

Sumber: