Ini Calon Kuat Pemenang Pilpres RI Menurut Survei Asing, Siapa Dia?

Ini Calon Kuat Pemenang Pilpres RI Menurut Survei Asing, Siapa Dia?

Ini Calon Kuat Pemenang Pilpres RI Menurut Survei Asing, Siapa Dia?--

SILAMPARITV.CO.IDPemilihan presiden (pilpres) RI tentunya telah menarik minat para pelaku survei baik dalam dan luar negeri.

Salah satu peminat survei luar negeri adalah Roy Morgan asal Australia, yang merilis hasil surveinya terkait pilpres RI 2024 mendatang berdasarkan pendataan pada bulan Juli-September 2023 dengan melibatkan 2.630 pemilih.

Dalam hasil pada survei tersebut, Ganjar Pranowo disebut merupakan calon terunggul karena meraih perolehan 38%. Prabowo Subianto menyusul di belakang dengan 30%, sementara Anies Baswedan ada di urutan ketiga dengan 25%.

Survei jajak pendapat ini dilakukannya sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan calon wakil presidennya (capres) dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum guna mengonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023 lalu. Pemilihan cawapres ini diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu.

BACA JUGA:Rundown Kampanye Capres Anis Baswedan di Lubuklinggau, Catat Tanggalnya!

Pasangan dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftarkan dirinya ke KPU pada 19 Oktober 2023. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming juga sudah resmi mendaftar pada pekan berikutnya pada 25 Oktober 2023.

Persaingan telah terkonsolidasi di sekitar ketiga kandidat ini dengan koalisi partai yang mendukung masing-masing kandidat. Partai-partai tersebut semuanya mencalonkan diri dalam pemilu Legislatif (pileg) yang digelar pada hari yang sama dengan pilpres RI, 14 Februari 2024.

Peta Kemenangan Ganjar

Ganjar dari PDIP memimpin dengan kuat di pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan 41% dukungan, lebih dari 10% poin di depan penantangnya, Prabowo (29%) dan Anies (25%).

BACA JUGA:Hasil Debat Panas Capres Cawapres, Anis Dinilai Lebih Unggul

Namun, di pulau Sumatera yang adalah merupakan pulau terpadat kedua yang ada di Indonesia, yang berpenduduk 60 juta jiwa ini, terdapat perbandingan antara Prabowo (33%) dan Ganjar (33%) dan Anies (28%) di urutan ketiga.

Menteri Pertahanan Prabowo memiliki keunggulan sedikit karena dua pulau terpadat berikutnya di Indonesia yang masing-masing berpenduduk sekitar 20 juta orang, yakni Sulawesi dan Kalimantan. Di Sulawesi, Prabowo (42%) di depan Ganjar (33%) dan Anies (22%) dan Prabowo (30%) juga unggul tipis atas Ganjar (25%) dan Anies (25%) di Pulau Kalimantan.

Hasil Pileg

Jajak pendapat Roy Morgan menunjukkan PDI Perjuangan unggul dengan 34,5% pada Juli - September 2023. Ini dua kali lipat dari partai Gerindra, partai dari calon Presiden Prabowo, yang kini berada pada peringkat kedua dengan 16,5%.

Sumber: