6 Dampak Tidur Secara Berlebihan, Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

6 Dampak Tidur Secara Berlebihan, Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

ilustrasi tidur secara berlebihan berdampak bagi kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTidur merupakan keadaan tidak sadar dimana individu dapat dibangunkan oleh rangsangan atau faktor sensorik yang sesuai (Guyton, 1986 dalam Hidayat, 2009).

Memenuhi kebutuhan tidur harian akan membantu Anda menjaga kesehatan secara optimal.

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya. waktu ini harus diisi dengan baik, tapi hati-hati jangan sampai berlebihan.

Tidur terlalu banyak disebut juga dengan tidur nyenyak. Ada banyak alasan mengapa seseorang tidur terlalu banyak, mulai dari sleep apnea, gangguan neurologis, hingga depresi.

BACA JUGA:Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Obat-Obatan Lokal

Selain  menyebabkan rasa lelah, terlalu banyak tidur juga membawa banyak dampak negatif berbeda bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari meningkatkan resiko stroke sebesar 14%.

Bahkan pada orang yang terlalu banyak tidur dan memiliki tekanan darah tinggi, risiko terkena stroke tiga kali lebih tinggi. Semakin banyak Anda tidur, semakin sedikit waktu yang Anda miliki untuk beradaptasi dengan lingkungan. 

Mengatur waktu tidur setiap malam adalah suatu keharusan. Jadi berapa banyak waktu yang Anda butuhkan setiap malam? Hal ini sebenarnya akan disesuaikan dengan usia, kesehatan, dan kualitas tidur seseorang.

BACA JUGA:Kasus Covid Meningkat, Berikut Gejala Terbaru Di Indonesia!

Namun, orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam.

Sebaiknya hindari  kebiasaan tidur berlebihan.

Tidur terlalu banyak atau disebut juga dengan oversleeping akan membuat Anda terus-menerus mengantuk dan ingin tidur. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut juga dengan insomnia.

Lalu bagaimana perasaan orang yang terlalu banyak tidur? Berikut dampak buruk tidur terlalu banyak yang perlu Anda ketahui:

Sumber: