Cara Budidaya Ikan Louhan Agar Berhasil, Ini Rahasianya!

Cara Budidaya Ikan Louhan Agar Berhasil, Ini Rahasianya!

cara budidaya ikan louhan--

SILAMPARITV.CO.ID - Cara ternak atau budidaya ikan louhan mulai dari tahap awal yang perlu di perhatilam yakni memilih indukan, tahap perjodohan dan proses bertelur.

proses pejantan membuahi telur dan sampai telur menetas menjadi burayak ikan louhan.

Setalah sekitar satu bulan proses perkenalan dan perjodohan, Kedua indukan louhan akan terlihat akur dan saling berinteraksi.

Terlihat si betina sudah mulai birahi dan ven (kelamin) nya mulai terlihat keluar yang menandakan si betina sebentar lagi akan bertelur.

BACA JUGA:Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan

Selama proses permohonan, ikan indukan selalu di berikan pakan alami terutama pakan yang mengandung protein tinggi agar telur dan sperma yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

Namun, setelah proses perkawinan kurang lebih 12 Jam, si betina akan mengeluarkan butiran bening (telur) yang menempel di media cobek.

Telur harus segera di gesek kan ke pejantan agar tidak berubah warna menjadi putih susu yang berarti telur telah membusuk dan berjamur.

Ven kelamin pejantan sudah mulai keluar, pertanda ikan pejantan siap membuahi telur.

BACA JUGA:Cara Merawat Ikan Channa Yellow Maru Yang Baik dan Sehat

Saat birahi dan setelah bertelur, ikan betina akan menjadi lebih agresif dan menyerang siapapun yang masuk di area teritori telurnya, termasuk menyerang si pejantan.

Agar ikan tidak saling serang, maka berikan pembatas menggunakan kawat ram untuk si betina, Guna untuk si pejantan bisa fokus membuahi telur dalam cobek.

roses pembuatan telur oleh si pejantan biasanya dilakukan selama 24 jam.

Sementara itu, apabila tank breeding menggunakan filter pompa, diharapkan ganti dengan aerator agar seperma yang dihasilkan tidak larut dan tersedot filter, sehingga telur bisa terbuahi sempurna.

Sumber: