Inilah Cara Mengenal Jenis - Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya

Inilah Cara Mengenal Jenis - Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya

Mengenal Jenis - Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya--

SILAMPARITV.CO.ID - Ikan louhan (Cichlasoma sp) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari pembudidaya terutama di Indonesia.

Sementara, Ikan louhan juga termasuk jenis ikan dari keluarga siklid (famili Cichlidae) dan genus Cichlasoma. 

MenurutDuryatmo (2002) louhan merupakan hasil persilangan dari ikan jenis siklid lain yaitu Cichlasoma synspilum dengan Cichlasoma cyanoguttatum.

Adapun, Pengembangbiakan ikan Louhan tersebut dimulai sejak tahun 1993, Orang Malaysia terutama banyak yang mengagumi ikan dengan kepala menonjol, yang dikenal sebagai Karoi atau “kapal perang”,

BACA JUGA:Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan

Ikan Louhan juga merupakan salah satu ikan hias termahal di dunia yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam”.

Namun, Louhan juga dapat di temukan di periran Indonesia dan Malaysia namun saat ini banyak di oleh penggemar ikan di seluruh pelosok Indonesia.

Selain itu, Ikan louhan juga termasuk ikan yang dapat mengenal tuannya dan dapat berada pada kondisi tertentu. Terkadang ikan ini dapat diajak bermain apabila kondisi fisik dan mentanya bagus, tetapi terkadang ikan ini menjadi pasif apabila kondisi mental yang tidak baik.

Secara umum ikan ini dipelihara di dalam Aquarium dan dijadikan ikan hias rumah. Tidak jarang penghobi ikan ini menjadikan Ikan dengan morfologi unik ini menjadi hiasan utama di Ruang Tamu rumahnya.

BACA JUGA:7 Tips Cara Budidaya Ikan Channa Agar Cepat Sukses

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Sumber: