Gunung Dukono di Maluku Meletus Pagi Ini, Keluarkan Abu Vulkanik Hingga 4 Km

Gunung Dukono di Maluku Meletus Pagi Ini, Keluarkan Abu Vulkanik Hingga 4 Km

Gunung dukono meletus pagi ini, 3 Januari 2024 pukul 06.52 WIT--

SILAMPARITV.CO.IDTerjadi bencana meletus Gunung Dukono di Maluku Utara hingga keluarkan abu vulkanik setinggi 4 km atau  4.000 meter.

Hal ini sesuai dilaporkan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Erupsi Gunung Dukono ini terjadi pada Rabu, 3 Januari 2024 kisaran pukul 06.52 WIT.

"Erupsi terjadi kisaran pukul 06.52 WIT," ujar Sarjan Roboke, Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono melansir dari laman viva.co.id, pada Rabu 03 Januari 2024.

BACA JUGA:Akibat Gunung Lewotobi di NTT Erupsi, Wings Air Tunda 5 Penerbangan

Sarjan mengatakan bahwa kolom abu vulkanik yang keluar tampak berwarna putih hingga kelabu dengan itensitas tebal mengarah ke barat daya. Laporan tersebut dibuat saat erupsi berlangsung.

Berkaitan dengan hal ini, Sarjan juga memperingatkan kepada masyarakat yang berada di sekitar Gunung Dukono untuk tidak beraktivitas, mendaki ataupun mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius tiga kilometer.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari adanya gangguan sistem pernapasan akibat ancaman bahaya abu vulkanik tersebut.

Pun dengan masyarakat yang biasanya beraktivitas di sepanjang aliran sungai Muye di Desa Mamuya seperti para penambang pasir di kawasan Sungai Ruko Desa Ruko dan juga Sungai Mede di Desa Mede untuk tidak melanjutkan aktivitasnya dulu terlebih pada saat hujan turun di puncak Gunung Dukono.

BACA JUGA:Turun Harga! Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Terbaru Setelah Diturunkan Pertamina

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari adanya bahaya banjir lahan hujan.

Gunung Dukono adalah gunung api yang letaknya di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Gunung Dukono memiliki ketinggian hingga 1.087 meter di atas permukaan laut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) terus melakukan pantauan terhadap aktivitas Gunung Dukono secara visual dan instrumental dari pos pengamatan yang berlokasi di Desa Mamuya, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Sumber: