Sering Terbangun Jam 3 atau 4 Pagi? Ini Penjelasan Pakar

Sering Terbangun Jam 3 atau 4 Pagi? Ini Penjelasan Pakar

ilustrasi penyebab sering terbangun lebih pagi--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSebagian orang sering mengalami kebiasaan terbangun pada jam 3 atau 4 pagi.

Hal ini tidak semata hanya dialami satu atau dua orang, bahkan lebih banyak lagi.

Hal ini tentu manusiawi. Menurut pakar, secara tidak langsung, terbangun dan merasa khawatir pada jam-jam tersebut bisa berkaitan dengan adanya gangguan stres.

Direktur Pusat Kesehatan Mental di Universitas Teknologi Swinburne Australia, Greg Murray mengatakan, stres tidak membuat seseorang lebih sering terbangun di malam hari, namun membuat lebih sadar akan terjadinya hal tersebut.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini 3 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kulit Wajah, Mau Tau Caranya? Yuk Simak!

"Sebenarnya kita terbangun berkali-kali setiap malam dan lebih sering tidur ringan pada paruh kedua malam," tulisnya dikutip dari IFL Science, Rabu (3/01/2024).

"Saat kita tidur nyenyak, kita tidak menyadari waktu-waktu terbangun ini. Namun, saat ada sedikit stres, kemungkinan besar maka terbangun dan menjadi sadar sepenuhnya," tambahnya.

Murray menjelaskan stres bukanlah satu-satunya faktor yang dapat membuat kita terbangun pada jam 3 pagi.

Jadwal yang tidak menentu, bahkan kurangnya udara segar juga dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga membangunkan kita di malam hari.

BACA JUGA:Ini dia 4 Gejala Awal Penyakit Diabetes, Simak Disini!

Lantas mengapa terbangun di jam 3 atau 4 pagi?

Asisten direktur Program Pengobatan Tidur di Ohio State Wexner Medical Center, Aneesa Das menerangkan sepanjang malam siklus tidur, kita berada di antara rapid-eye movement (REM) dan tidur non-REM.

Menurutnya, setiap tahap tidur memiliki ambang batas yang berbeda mengenai seberapa mudah untuk dibangunkan.

"Salah satunya penjelasan yang memungkinkan untuk bangun pada waktu yang sama setiap malam adalah, kita tidur di waktu yang sama, kemudian pada waktu yang sama setiap malam kita mencapai tahap tidur ringan dan bangun," ungkapnya.

Sumber: