Wajib Tahu! Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari untuk Kesehatan

Ini Dampak Minum Kopi Setiap Hari Untuk Kesehatan--

SILAMPARITV.CO.ID – Banyak orang mengatakan bahwa minum kopi setiap hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Namun, tak sedikit juga yang menilai tidak ada sisi bahaya minum kopi setiap hari.

Meski rasanya pahit, kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan stamina dan energi, memperbaiki mood, melancarkan metabolisme, meningkatkan konsentrasi, dan menghalau rasa kantuk.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, kopi juga disebut dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, penyakit parkinson, penyakit jantung, dan stroke.

BACA JUGA:Ini dia Manfaat Makanan Asam Bagi Tubuh, Simak di Sini!

Kopi memang bermanfaat untuk kesehatan, tetapi minuman ini juga memiliki beberapa efek samping, terlebih jika dikonsumsi terlalu sering atau banyak.

Berikut ini beberapa bahanya minum kopi setiap hari! Hal ini yang perlu kita ketahui:

1. Menimbulkan rasa cemas

Kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan mengatasi rasa kantuk. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, apalagi sampai berhari-hari, kopi justru bisa mengakibatkan timbulnya kecemasan dan kegelisahan.

BACA JUGA:Ini 7 Cedera yang Sering Terjadi Ketika Sedang Joging

Jika tidak dibatasi, konsumsi kopi yang terlalu banyak bahkan bisa berisiko menyebabkan Anda mengalami gangguan kecemasan.

2. Menyebabkan gangguan tidur

Kafein pada kopi merupakan zat stimulan yang dapat membuat kinerja otak dan saraf lebih aktif. Inilah sebabnya mengapa minuman berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi, bisa mencegah dan menghilangkan rasa kantuk.

Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, kopi atau minuman berkafein lainnya bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat Anda menjadi susah tidur. Hal ini bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Sumber: