Bagaimana Cara Mudah Budidaya Ikan Manfis atau Layang-layang? Simak Jawabannya di Sini!

Bagaimana Cara Mudah Budidaya Ikan Manfis atau Layang-layang? Simak Jawabannya di Sini!

Cara Mudah Budidaya Ikan Manfis atau Layang-layang--

Manfish berumur 7 bulanan sudah bisa menjadi indukan, dengan ukuran lebih dari 7,5 cm dan kawinkanlah Mandish Jantan dan betina yang telihat berenang berdekatan atau beriringan, bisa dibilang sudah Jodoh.

Cara membedakan Indukan Jantan dan Betina gampang-gampang susah, inilah beberapa ciri Indukan Jantan dan Betina.

BACA JUGA:Ini dia Rekomendasi HP 2024, Mempunyai Harga di Bawah 2 Jutaan

• Indukan Jantan

Ukuran Relatif lebih besar dari Indukan Betina dilihat dari atas perut, pipi rampinng, bentuk kepala sedikit besar antara mulut ke sirip punggunya berbentuk cembung.

• Indukan Betina

Ukurannya relative lebih kecil dari Indukan Jantan dilihat dari atas perut besar atau menonjol, kepala lebih kecil, antara mulut ke sirip punggunya lurus dan bagi indukan betina yang siap dikawinkan di bagian perutnya terlihat lebih besar dari biasanya.

Agar Indukan cepat bertelur tentunya sangat pengaruh dengan pakan. Pakan yang harus digunakan yaitu pakan Alami seperti Cacing surta, jentik nyamuk, Cacing Beku Dan Lain-lain.

3. Pemijahan atau Perkawinan

BACA JUGA:2 Cara Menanam Bunga Melati di Halaman Rumah, Simak Mana yang Lebih Disukai!

Di wadah perkawinan bagi teman-teman mau tambahkan aerator untuk menambahkan suplay oksigen ya silakan saja, namun jika tidak memakai aerator juga tidak mempengaruh kok, yang terpenting jangan lupa tambahkan paralon di wadah perkawaninan tersebut.

Guna paralon yakni berfungsi untuk subsrak nantinyakarena jika tidak di kasih paralon manfish akan bertelur dikaca akuarium dan itu akan lebih menyulitkan proses budidaya.

4. Tahap Bertelur

Setelah beberapa hari jika teman-teman sudah melihat telur di paralon yang kalian sediakan maka selanjutnya teman-teman hanya perlu mengangkat paralon tersebut dan  pindahkan ke wadah lain untuk penetasan.

BACA JUGA:12 Doa Sehari-hari Mudah Dihafal, Apa Saja? Yuk Simak!

Sumber: