7 Rekomendasi Makanan Saat Terkena Sariawan

7 Rekomendasi Makanan Saat Terkena Sariawan

ilustrasi sakit sariawan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSariawan adalah luka yang ada pada sekitar bibir. Sariawan dapat disebabkan oleh iritasi pada gusi, lidah, dan lapisan mukosa mulut. 

Luka yang ada pada sariawan berwarna putih atau kekuningan dan dikelilingi peradangan. Meskipun ukuran lukanya kecil, Tapi sariawan seringkali kerap membuat penderitanya tidak enak saat dan tidak nyaman saat berbicara.

Penyebab sariawan ada bermacam-macam yaitu, kekurangan vitamin, tidak sengaja menggigit lidah dan dinding mulut, alergi makanan, infeksi virus dan stres.

Saat terkena sariawan kita perlu ketahui makanan yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan, jika kalian memakan makanan yang pedas itu bisa membuat luka yang ada pada sariawan terasa sakit itulah kami merekomendasikan makanan yang cocok saat kamu terkena sariawan.

BACA JUGA:Apa Saja Gerakan yang Dapat Membatalkan Salat? Simak di Sini, Muslim Wajib Tahu!

Berikut ini adalah 7 Rekomendasi Makanan yang Cocok Saat Terkena Sariawan.

1. Makanan yang lunak

Makanan yang lunak baik dikonsumsi saat kamu mengalami sariawan karena makanan lunak lebih mudah untuk dikunyah.

Beberapa saran untuk makanan yang lunak antara lain sup, semur, kentang, dan telur. Tekstur makanan yang lembut ini mampu mencegah terjadinya iritasi pada mulut jika terjadi sariawan.

BACA JUGA:Apakah Benar Ceker Ayam Mengandung Tinggi Kolesterol? Berikut Ini Kata Ahli

2. Makanan yang tidak ada rasa/hambar

Seperti halnya makanan panas, makanan yang pedas juga sebaiknya dihindari jika kamu menderita sariawan. Pasalnya, makanan yang banyak bumbunya bisa membuat sariawan terasa nyeri sehingga sulit untuk disembuhkan.

Jika kamu menderita sariawan, kamu bisa mengonsumsi makanan yang hambar seperti kentang panggang, sayuran yang dikukus, dan bubur.

3. Makanan yang dingin

Sumber: