5 Hal yang Mungkin Bisa Terjadi Jika Tidak Ada Hewan di Bumi

5 Hal yang Mungkin Bisa Terjadi Jika Tidak Ada Hewan di Bumi

ilustrasi pemanfaatan lahan secara berlebihan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSemua kehidupan dibumi tampaknya terstruktur dengan baik, mulai dari ekosistem hingga makhluk yang menghuninya. 

Dengan demikian, seluruh elemen ekosistem mempunyai peran dan saling membutuhkan. Tentu saja hal ini tidak hanya berlaku pada keberadaan manusia saja, namun juga pada hewan dan habitatnya yang tersebar di muka bumi.

Kehidupan dibumi tidak dapat berfungsi dengan baik jika tidak memasukkan hewan sebagai kesatuan. Hal ini menjadikan hewan juga berperan penting dalam menjaga keseimbangam ekosistem yang ada. Jika kita membayangkan tidak ada hewan didunia ini, maka kemungkinan dampak berikut ini dapat terjadi.

1. Pemanfaatan hutan dan tanaman secara berlebihan

BACA JUGA:Ini 5 Zodiak Memiliki Karakter Tampak Tenang Namun Marahnya Menakutkan

Jika berbicara eksploitasi, pasti akan terlintas konotasi negara negatif yang erat kaitannya dengan keserakahan.

Hal ini memang benar karena, sebagaimana dinyatakan dalam general multilingual environmental thesaurus, eksploitasi yang berkaitan dengan hutan mengacu pada perampasan sumber daya pertanian, salah satunya adalah batang pohon dan tanaman. Hal serupa banyak terjadi dibeberapa negara dengan sumber daya hutan yang luas.

Bayangkan jika tidak ada hewan didunia, eksploitasi hutan  dan tanaman akan semakin gila-gilaan. Pasalnya, minimnya hewan sebagai usmber makanan justru menyebabkan manusia beralih ke tumbuhan.

Dengan jumlah penduduk yang besar, menyediakan sumber makanan yang besar. Pada saat yang sama, operasional pabrik pangan mungkin tidak optimal karena hewan tidak dilibatkan dalam proses tersebut.

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Merawat Kucing Agar Bulunya Tetap Cantik dan Sehat

2. Dimasa lalu, sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan tangan

Melihat sejarah, mungkin banyak orang yang baru mulai memahami pentingnya peran hewan dalam aktivitas manusia, khususnya di masa lalu. Banyak hal yang memanfaatkan hewan untuk memudahkan proses yang dilakukan manusia.

Sejarah Mengutip Alberta, banyak orang memanfaatkan hewan untuk berburu, mengumpulkan bahan, dan bekerja sama dengan baik dalam proses pertanian, seperti kerbau untuk membantu petani membajak sawah.

Jika tidak pernah ada binatang di dunia ini, tidak mungkin semua karya sebelumnya tidak pernah melibatkan binatang. Sebaliknya, sebagian besar aktivitas dilakukan dengan tangan sehingga seringkali melelahkan karena tidak mudah tanpa bantuan hewan.

Sumber: