Apa Itu Scopophobia? Yuk Simak Penjelasan dan Tanda-tanda Gejalanya!

Apa Itu Scopophobia? Yuk Simak Penjelasan dan Tanda-tanda Gejalanya!

ilustrasi tanda-tanda scopophobia--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTerkadang sulit untuk menjelaskan rasa takut yang berlebihan terhadap objek, makhluk, atau situasi tertentu pada orang yang menderita fobia. Seseorang dengan scopophobia, atau takut diawasi, juga merasakannya.

Apa yang dimaksud scopophobia? scopophobia adalah rasa takut yang berlebihan dan tidak rasional jika dilihat. Salah satu bentuk gangguan kecemasan ini bisa terjadi dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Tentu saja wajar jika kita merasa takut terhadap tatapan yang mengancam saat wawancara kerja atau berbicara didepan umum.

Namun, kondisi yang disebut juga Scopophobia ini dapat menyebabkan ketakutan terhadap kontak mata secara normal, seperti saat berbicara dengan pasangan atau teman.

BACA JUGA:Sering Kesemutan Saat Bangun Tidur? Jangan Anggap Sepele!

Akibatnya, orang yang mengalami hal ini cenderung menghindari situasi dimana ia harus melakukan kontak mata dengan orang lain. Hal ini tentu dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat.

Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau psikolog. Hal ini karena ketakutan penderita scopophobia akan semakin parah jika tidak ditangani.

Tanda-tanda dan gejala yang dialami scopophobia.

Scopophobia diklasifikasikan sebagai gangguan kecemasan sosial.

Tergantung pada tingkat keparahannya, pasien mungkin mengalami gejala fisik dan psikologis yang berbeda. Berikut ini adalah contoh gejalanya.

BACA JUGA:Bukan Hanya Daging, 7 Buah Ini Juga Kaya akan Protein!

Gejala psikologis yang dialami, berikut ini adalah perubahan psikologis yang dialami seseorang dengan penderita scopophobia.

• Usahakan untuk menjaga jarak atau sama sekali menghindari kontak dengan orang lain.

• Ketakutan dan kecemasan yang intens dalam situasi sosial.

Sumber: