Ketahui Ciri-ciri dan Kenali Kepribadian Ganda Seseorang

Ketahui Ciri-ciri dan Kenali Kepribadian Ganda Seseorang

ilustrasi orang dengan berpribadi ganda--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKepribadian ganda adalah suatu kondisi dimana seseorang mempunyai dua kepribadian atau lebih.

Kondisi ini seringkali terjadi akibat trauma masa lalu, baik kekerasan fisik, mental, atau seksual. Terapi yang tepat diperlukan untuk meringankan gejala gangguan kepribadian ganda dan meningkatkan kehidupan sosial pasien.

Gangguan kepribadian ganda, juga dikenal sebagai gangguan identitas disosiatif, adalah salah satu gangguan disosiatif yang paling parah.

Munculnya kepribadian ganda dalam diri seseorang merupakan sarana pertahanan mental untuk mengatasi rasa sakit dan ketakutan akibat trauma psikologis yang tidak biasa.

BACA JUGA:Hukum Mempercayai Weton dalam Tradisi Jawa, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Penderita gangguan kepribadian ganda seringkali tidak menyadari bahwa dirinya mengidap gangguan psikologis tersebut. Oleh karena itu, pengobatan hanya dilakukan bila penyakitnya sudah serius.

Inilah ciri-ciri kepribadian ganda yang bisa Anda kenali, baik sebagai korban langsung maupun sebagai pendamping.

1. Lupa identitas diri sendiri

Orang yang memiliki kepribadian ganda, lama-lama tidak dapat menjelaskan identitas dirinya sendiri, baik itu dari segi nama, usia, alamat, dan hal lain mengenai dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Ingin Terlihat Awet muda dan Glowing? Berikut Tips dan Rahasianya Wanita Korea!

Kejadian-kejadian tersebut yang dialaminya juga lebih sering terlupakan meskipun ada buktinya, misalnya terdapat luka pada tubuh.

2. Tidak dapat mengingat waktu dengan jelas

Orang dengan kepribadian ganda seringkali tidak menyadari bahwa waktu terus berlalu. Mereka sering bingung menentukan waktu dan tanggal tertentu. Itu juga bukan karena kehilangan ingatan.

3. Marah - Marah Tidak Jelas

Sumber: