Inilah 4 Makanan Pahit yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Inilah 4 Makanan Pahit yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

ilustrasi makanan pahit (pare)--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMakanan pahit seringkali dihindari karena rasanya tidak enak bagi sebagian orang.

Namun tahukah Anda kalau makanan yang pahit ternyata mengandung nutrisi luar biasa yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa makanan pahit yang baik untuk kesehatan Anda.

1. Pare/Paria

Paria atau pare adalah tanaman yang berbentuk seperti mentimun tetapi kulitnya tidak rata. Pare banyak digunakan di Asia dan Afrika.

Di balik rasanya yang pahit, pare mengandung polifenol dan flavonoid. 

BACA JUGA:Ini dia 5 Penyebab Badan Gatal- Gatal Ketika Malam Hari

Keduanya merupakan antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu kandungan antioksidannya juga mampu mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa paria juga dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Meski efeknya tidak setara dengan obat diabetes, namun paria mempunyai potensi yang baik bagi penderita diabetes.

2. Brokoli

Brokoli mengandung glukosinolat yang membuat brokoli terasa pahit. Namun kandungan ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:Musim Hujan Mudah Terkena Flu? Berikut 10 Tips Atasi Flu Cepat Sembuh

Glukosinolat dapat menghambat perkembangan sel kanker pada pemeriksaan laboratorium. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek ini pada manusia.

Selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Setengah cangkir brokoli matang mengandung 84 persen kebutuhan vitamin C harian, setara dengan kebutuhan vitamin C 1,5 buah jeruk.

3. CranBerry

Sumber: