Mitos atau Fakta Saat Bintang Jatuh Dapat Mengabulkan Permintaan? Cek di Sini!

Mitos atau Fakta Saat Bintang Jatuh Dapat Mengabulkan Permintaan? Cek di Sini!

ilustrasi fakta atau mitos bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMendengar istilah bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Namun apakah hal ini benar fakta atau hanya mitos saja? berikut penjelasannya.

Melansir dari laman Wonderpolis, Sabtu (13/1/2024), ilmuwan mengatakan bahwa bintang jatuh yang kadangkala sering terlihat di beberapa tempat di bumi, ialah bukan bintang melainkan adalah meteor.

Ketika potongan debu dan bebatuan yang mengambang di angkasa disebut sebagai meteorid, masuk dan mendekati atmosfer bumi, mereka akan terbakar karena adanya gesekan benda angkasa tersebut dengan atmosfer. 

BACA JUGA:Orangtua Wajib Tau! Kenali 10 Ciri Anak Alami Stres Karena Tekanan Batin

Saat meteoroid kemudian terbakar di langit, disebut meteor, dan saat menabrak bumi, disebut meteorit.

Selanjutnya, ilmuwan juga menerangkan bahwa manusia sebenarnya tidak bisa melihat meteorit secara langsung. Momen ini hanya bisa dilihat melalui teleskop.

Sehingga kemunculan fenomena yang jarang terjadi ini saat disaksikan dengan mata telanjang, lantaran menjadi anggapan bahwa bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan.

Mengutip dari situs Library of Congress, para sejarawan pun meyakini dengan adanya legenda bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan.

BACA JUGA:Peneliti Universitas Toyo Asal Jepang Kunjungi Muba, Ada Apa Ya? Ini Tujuannya

Hal ini berawal dari zaman Yunani Kuno, tepat saat seorang astronom bernama Ptolemy yang menuliskan hal itu.

Selanjutnya pada abad kedua, Ptolemy menegaskan bahwa dewa yang sedang memandang rendah ke arah bumi dari tempatnya berada, tengah membuka semacam portal antara bumi dan langit.

Kemudian saat portal tersebut terbuka, bintang di langit bisa menyelinap lalu akhirnya terlihat seolah seperti bintang jatuh.

Dari hal tersebut, banyak orang tak setuju dengan anggapan Ptolemy, bahkan hingga para sains dan ilmu pengetahuan pun tidak dapat membuktikan adanya kebenaran perihal bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan.

Sumber: