Musim Duren, Tempoyak Pilihan Tepat untuk Dimakan, Ini Cara Membuatnya

Musim Duren, Tempoyak Pilihan Tepat untuk Dimakan, Ini Cara Membuatnya

cara membuat tempoyak dari duren--

SILAMPARITV.CO.ID - Bagi masyarakat di Sumatera Selatan, mungkin istilah kata tempoyak tidak asing lagi ditelinganya. sebab, setiap musim duren pasti ingin membuat makanan tersebut.

Diketahui bahwa tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.

Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan.

BACA JUGA:Konten Mukbang Lagi Trend saat Ini di Tiktok dan Youtube, Apakah Kalian Tahu Mukbang itu apa?

Citarasa dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya. Tempoyak dikenal di Indonesia, terutama di Bengkulu, Palembang, Lampung dan Kalimantan. Selain itu, Tempoyak ini juga terkenal di Malaysia.

Di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran daging ayam, sementara di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal.

Adapun jenis ikan yang dipakai berupa ikan patin dan ikan nila. Cita rasa dari masakan ini asam, manis serta punya aroma yang sangat tajam.

Selain dimasak dengan ikan dan menjadi menu makan siang, tempoyak bisa dijadikan oleh-oleh yaitu dengan memasukkannya ke dalam botol kemudian di kemas supaya rapat dan awet.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Saat Bintang Jatuh Dapat Mengabulkan Permintaan? Cek di Sini!

Bila proses memasak tempoyak ini benar maka makanan khas ini bisa bertahan lama sampai 1 tahun, hal itu karena tempoyak dibuat tanpa adanya bahan pengawet.

Proses fermentasi dalam waktu yang lama akan jauh lebih baik menghasilkan cita rasa legit dan enak.

Cara membuat tempoyak:

1.     Kupas buah durian, lalu pisahkan daging buah dari bijinya.

2.     Sediakan toples atau wadah lainnya yang memiliki penutup rapat. Masukkan Daging buah durian ke dalam toples lalu taburi dengan sedikit garam.

3.     Tutup kembali wadah hingga benar-benar rapat, simpan dalam suhu ruangan.

4.     Tempoyak siap digunakan setelah didiamkan selama lima hingga tujuh hari.

BACA JUGA:Apakah Anda Sering Memakai Sepatu Basah Saat Musim Hujan? Hati-Hati, 4 Penyakit Ini Mewabah

Cara Membuat Sambal Tempoyak

1.     Siapkan tempoyak yang sudah kita buat, campurkan dengan bawang putih, bawang merah, dan irisan/potongan kecil cabe.

2.     Taburi dengan gula, lalu goreng dengan minyak panas sebentar. Sambal Tempoyak siap dihidangkan bila irisan bumbu sudah layu.

 

Sumber: