Mengharukan! Inilah Manusia Satu-satunya yang Dikubur di Bulan, Berikut Kisahnya!

Mengharukan! Inilah Manusia Satu-satunya yang Dikubur di Bulan, Berikut Kisahnya!

ilustrasi astronot di bulan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKisah mengharukan dari seorang ahli geologi planet, merupakah satu-satunya manusia yang dikubur di bulan.

Lantas mengapa bisa demikian? berikut kisah mengharukan dari satu-satunya manusia yang dikubur di bulan, melansir dari laman inet.detik.com, Sabtu (13/1/2024).

Seorang ahli geologi planet yang legendaris, yakni Shoemaker memiliki jejak karier yang luar biasa dan cemerlang.

Beliau termasuk orang yang memilih dan juga melatih astronaut Apollo dalam geologi Bulan, pencarian air di kutub Bulan oleh NASA juga dipimpin olehnya, ia juga ikut menemukan Komet Shoemaker-Levy.

BACA JUGA:Ditemukan Gajah Betina Mati di Hutan Produksi Bengkulu, Diduga Terkena Tembakan dari Pemburu

Setelah melatih astronot Apollo, kemudian Shoemaker melanjutkan misi dalam mengerjakan Voyager serta misi Clementine NASA untuk menemukan air di Bulan.

Kini ia jadi direktur pertama Program Penelitian Astrogeologi Survei Geologi Amerika Serikat.

Ia juga memiliki kontribusi yang luar biasa, sebagai layaknya manusia lain, Shoemaker tentu memiliki impian tersendiri.

Beliau juga berandai-andai menjadi seorang astronaut namun tidak tercapai karena didiagnosis menderita penyakit Addison.

BACA JUGA:Update Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi Hari Ini, Lontarkan Abu Hingga 1000 Meter

Carolyn C. Porco mahasiswa dan kolega Shoemaker kepada NASA usai kematiannya dalam kecelakaan mobil pada tahun 1994, mengatakan, "Ada legenda di komunitas sains planet bahwa Gene selalu ingin pergi ke Bulan sebagai astronaut Apollo dan mempelajari geologinya secara langsung," 

NASA pun mendapatkan pertanyaan dari Porco apakah mantan bosnya bisa dikirim ke Bulan setelah proses kremasinya, tentu saja seusai mendapat persetujuan dari pihak keluarga.

"Dia baru mengatakan tahun lalu, 'Memukul dirinya dengan palu sendiri dan tidak pergi ke bulan adalah kekecewaan terbesar dalam hidup.' Saya merasa ini merupakan kesempatan terakhir untuk Gene bisa sampai ke Bulan, dan ini akan menjadi sebuah penghormatan yang layak dan baik bagi seorang pria yang merupakan sosok pionir yang menjulang tinggi dalam menjelajahi dunia Tata Surya," pungkasnya.

Sebagai bukti rasa hormat NASA terhadap Shoemaker, badan antariksa tersebut menyetujui misi tersebut. Mereka pun mengubur abunya di permukaan Bulan.

Sumber: