Inilah 6 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 6 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat brotowali untuk kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBrotowali merupakan tanaman obat yang terkenal dengan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berkat nilai gizi dan senyawa fitokimianya, khasiat brotowal yang bermanfaat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang

Pernahkah Anda mencoba obat herbal brotowali? Meski memiliki rasanya yang sangat pahit, namun minuman herbal tradisional Indonesia ini dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat membantu mengobati berbagai penyakit.

Brotowali atau Tinospora cordifolia merupakan tanaman merambat yang lebat. tanaman ini dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk hati dan batangnya yang memiliki tonjolan kecil. Nah, bagian batang ini biasanya digunakan secara tradisional dalam pengobatan.

Namun batang, daun dan akar brotowali juga dapat digunakan sebagai obat. Tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis ini telah lama digunakan sebagai tanaman obat di banyak negara, termasuk Indonesia.

BACA JUGA:7 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

Brotowali banyak mengandung senyawa fitokimia yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Beberapa senyawa fitokimia yang terdapat pada brotowali adalah alkaloid, flavonoid, flavonol glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, fosfiterpen, lakton, sterol, lignan, dan nukleosida.

Berkat senyawa tersebut dan nilai gizi lainnya, brotowa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Brotowali telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah. Baik untuk mencegah diabetes tipe 2. Manfaat Brotowali didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa batang tanaman ini mampu meningkatkan kerja hormon insulin dan mencegah resistensi insulin sehingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

BACA JUGA:Inilah 8 Penyebab Umum Sakit Tenggorokan dan Cara Pengobatannya

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi brotowali untuk mengobati diabetes secara alami. Pasalnya, ramuan ini dapat menimbulkan efek samping seperti kerusakan hati dan hipoglikemia, terutama bila dikonsumsi dengan obat resep. Oleh karena itu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal apa pun.

2. Dapat Mencegah Alergi Yang Kambuh

Ekstrak spesies Tinospora cordifolia atau brotowali memiliki efektivitas yang signifikan dalam mengurangi bersin dan hidung gatal akibat alergi. Selain itu, ramuan tersebut juga membantu mengurangi gejala hidung tersumbat dan gatal-gatal akibat alergi.

Namun perlu diingat bahwa penyakit alergi belum bisa disembuhkan saat ini. Alergi hanya dapat dicegah dengan menghindari pemicunya agar gejalanya tidak sering kambuh.

Sumber: