Vaksinasi Lansia Belum Capai Target

Vaksinasi Lansia Belum Capai Target

Lubuklinggau-      Pencapaian Vaksinasi Di Kota Lubuklinggau untuk  lansia lambat, karena untuk saat ini capaian vaksin lansia baru 54,3%  dari yang ditargetkan 60%, sehingga  membuat vaksinasi untuk anak usia 6-11 menjadi terhambat.

          Kota Lubuklinggau menjadi salah satu daerah yang belum bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, di karenakan lambatnya capaian vaksinasi untuk lanjut usia, karena salah satu syarat bisa dilakukannya vaksinasi anak usia 6-11 tahun, jika capaian vaksinasi untuk lansia sudah mencapai 60 %.

          Capaian Vaksinasi untuk lansia di Kota Lubuklinggau untuk saat ini baru mencapai 54,3 % padahal target untuk dapat melaksanakan vaksin anak jika vaksinasi lansia sudah mencapai 60%, menyikapi hal ini pemerintah kota lubuklinggau melalui rakor yang melibatkan 528 ketua rt se kota lubuklinggau meminta Ketua RT untuk dapat membawa 3 lansia untuk melakukan vaksinasi setiap harinya.

          Penyebab lambatnya capaian vaksinasi untuk lansia ini dipicu oleh beberapa faktor pertama banyaknya lansia yang memiliki komorbit atau penyakit bawaan, kedua tidak bisa berjalan jauh ke tempat fasilitas kesehatan, dan  ketiga kesulitan transportrasi.

          Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Cikwi menuturkan belum tercapainya target vaksinasi untuk lansia ini menyebabkan terhambatnya vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, serta ia juga menambahkan jika tercapai 60% untuk vaksinasi lansia dalam beberapa hari kedepan, kita baru bisa lanjut ke vaksinasi anak-anak. (YMP)

Sumber: