Ini Dia Makna dari kesenian Kuda Lumping serta Jenis Tari Paguyuban

Ini Dia Makna dari kesenian Kuda Lumping serta Jenis Tari Paguyuban

Ini Dia Makna Dari kesenian Kuda Lumping serta Jenis Tari Paguyuban--

SILAMPARITV.CO.ID -  Kesenian Kuda Lumping terdapat memiliki keunikan tersendiri berupa adanya berbagai hal mistis yang tak biasa kita jumpai. 

Dengan suara tabuan alatnya penonton tentulah terundang atas perpaduan antara alam nyata dan alam gaib ini, sebab berbagai atraksi yang dilakukan oleh pemain kuda lumping meski tampak berada di luar nalar kemampuan manusia sadar. 

Biasanya, tradisi kuda lumping digelar di berbagai acara umum ataupun khusus, seperti perayaan hari besar, pesta pernikahan, serta momen-momen lainnya.


Kesenian Kuda Lumping terdapat memiliki keunikan tersendiri--

Sementara itu, jika penari sudah mulai kerasukan dan menunjukkan atraksinya dengan makan beling, makan bara api, lompat ke bara api, sampai berjalan di atas pecahan kaca, pada saat itulah fase dengan kekuatan supernatural muncul. 

BACA JUGA:Dari Mana Asal-usul Kesenian Kuda Lumping? Berikut Ini Sejarahnya!

Uniknya lagi, mereka akan menari dan diiringi gending yang mengikuti gerakan penarinya yang dalam kondisi kesurupan.

Meskipun begitu, kesenian Tari Kuda Lumping rupanya mengandung makna tersendiri di samping ciri khas dan kengerian tersebut. Berikut inilah dua maknanya:

1. Kenyataan Alam Gaib

Kesenian yang satu ini mempunyai ciri khas berupa disatukannya alam nyata dan alam gaib.

BACA JUGA:Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Sifat Rendah Hati

Di hadapan semua orang, penari membuktikan bahwa alam gaib yang cenderung ditakuti itu bukan hanya sekadar cerita, melainkan benar adanya.

Adapun kebenerannya, penari bisa kehilangan kesadaran serta melangkah ke dalam kondisi kesurupan. 

Selain itu, mereka sangat berani dan melakukan beragam atraksi yang jauh di luar kemampuan manusia biasa, bahkan mereka cenderung ke arah yang tak bisa dilakukan tanpa bantuan makhluk gaib dengan izin Tuhan.

Sumber: