7 Dampak Negatif Terlalu Sering di Ruangan Ber-Ac

7 Dampak Negatif Terlalu Sering di Ruangan Ber-Ac

ilustrasi dampak lama-lama di ruangan ber-AC--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPendingin ruangan (AC) sudah menjadi kebutuhan pokok di rumah maupun perkantoran.

Apalagi di negara tropis, AC bisa digunakan sepanjang hari dan apapun musimnya. Memiliki AC dapat membantu mendinginkan ruangan sehingga membuat masyarakat semakin nyaman dalam beraktivitas.

Namun dinginnya arus bolak-balik membawa dampak buruk bagi tubuh manusia berupa penyakit.

Efek ini terjadi ketika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Berikut adalah beberapa dampak kesehatan dari AC.

BACA JUGA:Keajaiban Daun Salam dan Serai: Empat Manfaat Luar Biasa dari Campuran Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Simak

1. Kulit Kering

Paparan udara AC dapat membuat kulit dehidrasi. Lapisan epidermis kulit rusak seiring waktu. Hilangnya kelembapan ini menyebabkan kulit mengering dan pecah-pecah.

Dalam jangka panjang, kerutan atau lipatan akan muncul.Ada cara sederhana untuk menghindari efek ini. Oleskan pelembap hanya pada bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan kondisioner atau tidak tertutup pakaian. Berikut cara menjaga kesehatan kulit di ruangan ber-AC.

2. Sakit Kepala dan kelelahan

BACA JUGA:Ternyata Air Hujan Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Yuk Cek di Sini!

Orang yang terlalu banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC lebih mudah lelah dibandingkan mereka yang bekerja di ruang terbuka.

Alasannya adalah di dalam ruangan Anda tidak mendapatkan oksigen sebanyak di luar ruangan.

Selain kelelahan, sakit kepala juga merupakan akibat yang umum terjadi. Kedua gejala ini lebih mungkin dialami oleh orang dengan metabolisme yang lambat, seperti orang lanjut usia atau orang sakit.

Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda bisa meninggalkan ruangan ber-AC sebentar dan minum lebih banyak air.

Sumber: