12 Menu Favorit Nabi Muhammad Saw yang Layak Dicoba di Rumah

12 Menu Favorit Nabi Muhammad Saw yang Layak Dicoba di Rumah

buah zaitun--freepik

SILAMPARITV.CO.IDNabi Muhammad SAW merupakan teladan bagi umat Islam. Tak hanya sebagai pedoman akhlak dan ibadah, ia juga memperhatikan aspek kehidupan sehari-hari, termasuk makanan.

Nabi Muhammad SAW menyukai beberapa makanan yang secara alami bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja makanan favorit Nabi Muhammad SAW?

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang dipilih Nabi SAW untuk dimakan bersama dengan rutab (kurma masak yang masih basah). Aishah RA meriwayatkan danquot;Rasulullah SAW makan semangka yang ada ruthabnya, lalu beliau bersabda " Elemen dingin ini (semangka) menetralisir panas (ruthabi) dan unsur dingin didalamnya (semangka) menetralkan unsur panas (ruthab).

BACA JUGA:Apakah kalian Sudah Menikmati Keindahan Wisata Bukit Kaba? Cek di Sini

2. Buah Zaitun

Nabi muhammad SAW juga menyukai buah berminyak satu ini yaitu buah zitun. Nabi SAW bersabda: Makanlah buah zaitun dan jadilah gemuk dengannya! Sesungguhnya itu berasal dari pohon yang diberkati. (HR Tirmidzi)

3. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan kurma hitam yang berasal dari Madinah. Ibnu Abbas RA berkata: “Kurma yang paling disukai Nabi SAW adalah Ajwa”; (HR Al-Suyuthi)

4. Tsufl

BACA JUGA:Bebas dari Kekhawatiran, Meresapi Ketenangan Hati sebagai Hamba Allah yang Diberkahi dengan Kekayaan Ilahi

Merujuk pada buku The Mirror of Mohammed karya Abdul Ghaffar Chodr, tsufl adalah makanan yang tertinggal di dasar panci, mangkuk, atau piring. Dari riwayat Anas bin Malik RA beliau berkata: Rasulullah SAW sangat menyukai tsufl. (HR Al-Syaibani)

5. Buah Delima

Merujuk pada buku Mochi Keajaiban Makanan dan Minuman Kesukaan Nabi. Nabi SAW Syahrowi Yazid menyukai buah delima. Beliau bersabda: danquot;Makanlah buah delima beserta kulitnya (dagingnya) secara bersamaan, karena buah delima sebenarnya membersihkan lambung (perut).danquot; (HR Ahmad dan lain-lain).

Sumber: