Suka Menahan Kentut? Inilah 4 Dampaknya!

Suka Menahan Kentut? Inilah 4 Dampaknya!

ilustrasi sakit perut karena menahan kentut--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenahan kentut biasa dilakukan agar menghindari rasa malu karena sedang berada di tempat umum.

Hati-hati, jika kamu sedang di posisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, kembung, gangguan pencernaan bahkan mulas.

Ketika tubuh memiliki kelebihan gas pada sistem pencernaannya, maka hanya ada dua tempat untuk mengeluarkan gas tersebut, salah satunya adalah bokong.

Proses pelepasan gas ini disebut kentut. Padahal, kentut merupakan suatu proses yang terjadi secara alami pada setiap tubuh manusia. Faktanya, kebanyakan orang kentut antara 5 hingga 23 kali sehari.

BACA JUGA:Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Namun, beberapa orang mungkin merasa malu atau tidak nyaman karena lebih sering mengalami sakit perut.

Mungkin itu karena Anda berada di tempat umum atau gas kentut Anda berbau tidak sedap. Itu sebabnya orang-orang menahan kentut dan itu bisa menjadi kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Apa Saja Dampak Sering Menahan Kentut?

Berapa lama seseorang kentut bukanlah hal yang sama. Sejumlah faktor berkontribusi terhadap hal ini, termasuk makanan dan minuman yang dikonsumsi, aktivitas hormonal, dan kondisi medis.

BACA JUGA:Bukan Hanya Makanan, 7 Kebiasaan Ini Juga Bisa Membuat Tubuhmu Tidak Sehat

Sebaliknya, kentut memerangkap gas di usus, menyebabkannya menumpuk dan menekan dinding usus besar hingga Anda menemukan cara untuk mengeluarkannya.

Kentut biasanya tidak menimbulkan efek atau akibat kesehatan yang serius atau berbahaya. Bagaimanapun, mengeluarkan kentut lebih baik daripada menahannya terus-terusan, karena menahan kentut bisa menyebabkan:

1. Dapat menyebabkan rasa sakit

Efek samping kentut yang paling umum adalah peningkatan tekanan di usus, yang bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakitnya bisa berkisar dari tusukan ringan hingga tajam.

Sumber: