Hobi Berbisnis, Kenali 6 Hobimu yang Bisa Menghasilkan Uang!

Hobi Berbisnis, Kenali 6 Hobimu yang Bisa Menghasilkan Uang!

ilustrasi hobi ke bisnis (desainer)--freepik

Mereka yang mampu mendesain halaman web juga dapat membuka pembuatan halaman web. Kreativitas tidak pernah mati, bahkan jika Anda berhenti, karya Anda tidak pernah hilang.

BACA JUGA:Kecantikan dan Manfaat dari Tanaman Rosela, Simak Cara Menanam dan Merawatnya Dibawah Ini

3. FotoGrafi

Jika Anda suka mengabadikan objek yang bagus dan menarik, mis. untuk memotret biasanya anda mempunyai kamera SLR atau kamera beresolusi tinggi yang tentunya tidak murah bukan?

Nah, sayang sekali kan kalau hanya dijadikan hobi saja? Cobalah membuka usaha jasa fotografi seperti usaha prewedding, pernikahan, acara keluarga, organisasi kemanusiaan, bisnis atau lainnya. Anda juga dapat menjual barang fotografi menakjubkan Anda di situs web khusus gratis.

4. Menulis

Jika menulis hanya sekedar hobi, hanya Anda dan mungkin keluarga atau teman Anda yang bisa menikmatinya. Jadilah sekreatif mungkin dalam menulis, jadikan hobi menulis Anda sebagai sumber penghasilan tambahan.

BACA JUGA:5 Keajaiban Budaya Tanah Toraja: Menggali Kearifan Lokal di Jantung Sulawesi Selatan

Anda dapat mengirimkan karya Anda, seperti cerita pendek, puisi, opini atau feature ke media cetak atau online, dengan biaya tertentu, atau membuat novel dan buku dengan mendapatkan royalti.

Bahkan, hobi menulis yang awalnya hanya sekedar pekerjaan sampingan, bisa saja menjadi industri mainstream.

5. Traveling

Apakah Anda suka bepergian di dalam negeri atau ke luar negeri sebagai backpacker atau dengan anggaran terbatas? Anda juga bisa membuka usaha travel dengan membangun sendiri atau melakukan franchising.

Saat ini perjalanan sudah menjadi kebutuhan bagi penduduk kota yang lelah bekerja lima hari bahkan lebih untuk menghilangkan kepenatan. Traveling adalah pelarian yang menyenangkan untuk menghidupkan kembali semangat.

BACA JUGA:Manfaat dan Keindahan: Panduan Menanam dan Merawat Lavender di Kebun Anda

Melihat prospek yang menarik, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dan membuka biro perjalanan wisata, persewaan, tamasya dan pendakian gunung baik di dalam maupun luar negeri. Selain berbisnis, Anda juga bisa melakukan perjalanan menyenangkan yang Anda sukai, bukan?

Sumber: