10 Tips Efektif Memerangi Nyamuk di Musim Hujan, Waspada Terserang DBD!

10 Tips Efektif Memerangi Nyamuk di Musim Hujan, Waspada Terserang DBD!

ilustrasi serangan nyamuk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMusim hujan seringkali menjadi periode di mana nyamuk berkembang biak dengan cepat, sehingga harus melakukan langkah efektif untuk membasmi nyamuk. 

Hal ini juga untuk mewaspadi mudahnya terserang penyakit Demam Berdarah (DBD), yang diakibatkan oleh nyamuk.

Air hujan yang menggenang menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak. Selain itu, musim hujan juga membawa peningkatan kelembaban, kondisi yang disukai nyamuk. 

Agar rumah dan sekitarnya tetap nyaman tanpa gangguan nyamuk, berikut adalah beberapa tips efektif untuk memerangi nyamuk di musim hujan:

BACA JUGA:Apa Saja Alasan Terjadinya Burnout? Berikut Simak Penjelasannya!

1. Hindari Tempat Air Menggenang

Pastikan tidak ada tempat-tempat di sekitar rumah yang bisa menyimpan air hujan, seperti pot bunga, ember yang terbuka, atau bebatuan yang bisa menampung air. Nyamuk suka bertelur di air yang tergenang.

2. Bersihkan Saluran Air dan Parit

Pastikan saluran air dan parit di sekitar rumah tetap bersih dari sampah atau tumpukan dedaunan yang dapat menghambat aliran air. Air yang tidak mengalir dengan lancar dapat menciptakan tempat yang cocok bagi nyamuk untuk bertelur.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Kulit Kering, Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal

3. Gunakan Larvasida

Larvasida adalah zat kimia yang digunakan untuk membunuh larva nyamuk. Gunakan larvasida secara berkala pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat bertelur nyamuk, seperti bak air, saluran air, atau tempat-tempat lain yang sering tergenang.

4. Pakai Kelambu

Gunakan kelambu pada tempat tidur untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk saat tidur. Pastikan kelambu tersebut dalam kondisi baik dan tidak memiliki lubang yang dapat dimasuki nyamuk.

Sumber: