Ini dia Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Bulat untuk Pemula

Ini dia Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Bulat untuk Pemula

Kolam Terpal Bulat--

SILAMPARITV.CO.ID - Ikan lele merupakan ikan konsumsi yang paling tinggi di pasarkan, maka banyak juga yang ingin membudidayakian ikan berkumis satu ini.

sebagian orang beralasan membudidaya ikan lele bamyak para petabi ikan tentunya ikan tersebut banyak konsumennya.

selain itu, kebutuhan lele segar di Jabodetabok setiap hari mencapai 240, sedangkan lele segar ini baru tercukupi 140 ton.

Sisanya para peternak lele dari Bogor memasok kiriman lele antara 80 hingga 100 ton.

BACA JUGA:4 Tips Memulai Bisnis dari Hoby Agar Sukses dan Menghasilkan Banyak Uang

Keunggulan Kolam Terpal Bulat Melalui ratusan kali penelitian dan percobaan dengan cara membandingkan aneka tipe kolam yang cocok untuk budi daya lele selama bertahun-tahun, akhirnya Muhammad Iqbal menentukan pilihan bahwa hanya kolam terpal berbentuk bulat yang mampu mewadahi manajemen budi daya lele dengan probiotik ini. Cara Budidaya Lele Bioflok Penasaran bagaimana cara membudidayakan lele melalui sistem bioflok? Simak ulasannya di bawah ini: 

1. Pembuatan Kolam 

Budidaya lele bioflok dilakukan di dalam kolam berbentuk bulat. Kolam terbuat dari terpal. Ukurannya berdiameter 3 meter untuk 3.000 ekor lele. Bagian dasar kolam dipasang pipa. Fungsi pipa tersebut yaitu untuk jalan keluar kotoran lele yang mengendap di dasar kolam. Untuk proses pembuangan kotoran, harus diikuti dengan penambahan air. Tujuannya agar kolam tidak mengering. Sementara, kotoran yang tadi dibuang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik atau pakan lele itu sendiri. 

2. Pengaturan Air 

BACA JUGA:Menanam Pohon Mahoni: Investasi Menguntungkan untuk Masa Depan

Masukan air dengan tinggi ideal 80-100 cm. Pada hari kedua, masukan probiotik sebanyak 5 ml. Di hari ketiga, masukan probiotik molase sebanyak 250 ml, dan pada malam hari ditaburkan dolomite sebanyak 150 – 200 gr. 

Probiotik merupakan bakteri yang bersifat baik sebagai bahan pakan lele. 

3. Penaburan Benih Ikan Lele 

Setelah kolam siap, pastikan Anda sudah memiliki sejumlah benih ikan lele terbaik. Namun, sebelum benih ditaburkan, tunggulah selama 7-10 hari.

Sumber: