Ini Lah Macam-Macam Ras yang Ada di Dunia dan Indonesia, Kamu Termasuk yang Mana?

Ini Lah Macam-Macam Ras yang Ada di Dunia dan Indonesia, Kamu Termasuk yang Mana?

ilustrasi ras-ras di dunia--freepik

SILAMPARITV.CO.IDIndonesia tidak hanya beragam secara etnis dan budaya, tetapi juga beragam secara ras. Ras adalah sekelompok orang yang mempunyai karakteristik fisik bawaan yang sama.

Secara umum, perbedaan ras yang paling penting didasarkan pada warna kulit, jenis rambut, dan warna mata. Di Indonesia, ras tersebar di beberapa pulau karena faktor-faktor seperti masa lalu masyarakat non-pribumi dan migrasi penduduk.

Ada beberapa ras di dunia menurut jenisnya. Berikut daftar yang dikutip dari buku “Mengeksplorasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX”; Sri Untari dan Ginwan Rianto.

Jenis ras yang ada di dunia:

BACA JUGA:Apakah Kamu Tau Alat Musik yang Terkenal di Indonesia Ini Berasal dari Daerah Mana? Cek di Sini!

1. Ras Kaukasoid

Penduduk asli Eropa serta sebagian Asia dan Afrika Utara termasuk dalam tipe ini. Trah ini dicirikan oleh kulit putih, rambut pirang coklat atau hitam dan mata biru, hijau, abu-abu dan coklat.

Ras Kaukasia dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

- Nordik: ditemukan di Eropa Utara dan sekitar Laut Baltik, seperti Norwegia, Swedia, Finlandia, Islandia, Inggris, Irlandia, Denmark, Estonia, Latvia, Belanda dan Belgia.

BACA JUGA:Ini dia Sejarah Tari Gandrung Asal Jawa Timur Asli Budaya Indonesia

- Pegunungan Alpen: ditemukan di Eropa Tengah dan Timur seperti Polandia, Swiss, Jerman, Republik Ceko, Slovakia, Rumania, Bulgaria, Austria, Ukraina, Hongaria, Prancis, Belarusia, dan Rusia.

- Mediterania: Ditemukan di sekitar Mediterania, seperti Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Aljazair, Tunisia, Libya, Mesir, dan negara-negara di Jazirah Arab.

- India: Ditemukan di Asia Selatan yaitu Pakistan, India, Bangladesh, Nepal, Bhutan dan Sri Lanka.

2. Ras Mongoloid

Sumber: