Eksplorasi Keindahan Tari Pendet: Sejarah dan Asal Usulnya

Eksplorasi Keindahan Tari Pendet: Sejarah dan Asal Usulnya

tari pendet--gramedia.com

SILAMPARITV.CO.IDTarian daerah merupakan salah satu bentuk kesenian yang ada di Indonesia. Tentunya setiap daerah di Indonesia mempunyai tarian daerah yang berbeda-beda, salah satunya adalah Tari Pendet.

Dari manakah asal mula tarian pendet? Berikut penjelasan lengkap mengenai asal usul tari pendet.

Tarian merupakan kebudayaan khas Indonesia yang mempunyai ciri dan makna tersendiri. Pengertian tari disajikan secara lengkap dalam buku Keanekaragaman Seni Tari Indonesia karya Res Septiana Dewi (2012:1) yang menjelaskan bahwa tari adalah suatu karya buatan manusia yang diungkapkan melalui gerak yang mengandung keindahan.

Salah satu jenis tari yang ada di Indonesia yaitu adalah tari pendet.

Tari Pendet merupakan salah satu tarian daerah Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dalam dan luar negeri. Tarian asal Bali ini merupakan tarian daerah yang khusus dibawakan pada acara-acara tertentu.

BACA JUGA:Makna dan Unsur dalam Gerakan Tari Piring Kesenian khas Minangkabau yang sudah Mendunia

Seperti Harry Sulastianto dkk. menyebutkan buku yang disusun oleh Seni dan Budaya. (2008:74) yang menyatakan bahwa tari pendet adalah tarian Bali yang ditampilkan dalam upacara keagamaan dan diadakan di tempat tertentu seperti pura.

Tari Pendet biasanya digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting seperti tamu kenegaraan dan lain-lain.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan lebih detail bahwa tarian pendet yang ditarikan dalam upacara keagamaan merupakan rasa syukur kepada Sang Pencipta Yang Maha Esa, yang juga menjadi penghubung antara manusia dengan penciptanya.

Tarian pendet ini juga mempunyai keistimewaan yang dapat kita kenali dari perlengkapan yang digunakan para penarinya.

BACA JUGA:Menelusuri Kembali Jejak yang Hilang: Menghidupkan Kembali Budaya Lontara Toraja

Hal ini dijelaskan dalam buku 99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian SD/MI Kelas 4 karya Tim Guru Eduka ‎Eka, ‎Yukha (2018:310) dimana dikatakan bahwa tari pendet hanya memerlukan beberapa alat seperti stik drum, toples, piala dan penawaran. Tarian ini melambangkan penyambutan turunnya Tuhan ke dunia.

Karena sifatnya yang sakral dan maknanya yang dalam, maka tarian pendet ini tidak dapat diadakan dimanapun. Tari Pendet hanya dapat dipentaskan di pura pada saat upacara adat Hindu Bali.

Namun seiring perkembangan zaman, tari pendet dijadikan sebagai tarian penyambutan atau selamat datang yang dapat diadakan di tempat lain selain pura.

Sumber: