Inilah 7 Gunung Tertinggi di Indonesia Salah Satunya Berada di Papua

Inilah 7 Gunung Tertinggi di Indonesia Salah Satunya Berada di Papua

ilustrasi gunung tertinggi di indonesia--freepik

SILAMPARITV.CO.IDIndonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung. Dari ratusan gunung yang masih ada, ada pula yang termasuk barisan pegunungan tertinggi.

Lalu apa saja gunung tertinggi di Indonesia? Mengutip data Magma Indonesia, saat ini terdapat sejumlah gunung berapi aktif setinggi 127 gunung di Indonesia. Pegunungan ini membentang dari provinsi Aceh hingga Papua.

Di antara ratusan gunung yang ada di Indonesia, terdapat beberapa gunung yang ketinggiannya mencapai 4.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Peluncuran buku The Amazing of Indonesia: 71 Wonders of Indonesia (2013) karya Sugeng HR Terdapat dua jalur pegunungan utama yang menjadikan Indonesia memiliki gunung tertinggi yaitu Lingkaran Pasifik dan Lingkaran Mediterania.

BACA JUGA:Tragedi Gunung Pangrango: 13 Pendaki Tersesat, Minggu Sore Menjadi Komunikasi Terakhir Mereka

Gunung Tertinggi di Indonesia

Di bawah ini adalah tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Gunung Jayawijaya

Gunung tertinggi pertama di Indonesia adalah Gunung Jayawijaya, 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di provinsi Papua, dan juga merupakan salah satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Aminah Cendrakasih, Tampil sebagai Google Doodle

Salah satu daya tarik gunung ini adalah gletser atau padang saljunya yang tidak dimiliki gunung mana pun di Indonesia. 

Salju di puncak gunung ini bersifat abadi atau selalu setia.

2. Gunung Kerinci

Selanjutnya adalah Gunung Kerinci yang tingginya 3.805 meter di atas permukaan laut, terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat atau lebih tepatnya di selatan Solok, di pegunungan Bukit Barisan. 

Sumber: