Siapa Sangka, Ternyata 5 Chinese Food Ini Bukan dari China!

Siapa Sangka, Ternyata 5 Chinese Food Ini Bukan dari China!

ilustrasi egg roll--freepik

SILAMPARITV.CO.IDDilabeli sebagai makanan China. Namun faktanya beberapa makanan tersebut tidak pernah ditemukan di China.

Meski masakan populer ini merupakan masakan khas Tiongkok, namun masakan populer tersebut bukan berasal dari Tiongkok, mulai dari kue fortune hingga pangsit.

Makanan China terkenal dengan rasanya yang lezat dan beragam, mulai dari mie, daging yang ditumis, ikan kukus hingga bebek, semuanya memiliki cita rasa yang unik.

Namun ada banyak masakan China populer yang ternyata bukan berasal dari Tiongkok, seperti kue fortune yang populer di Amerika dan pangsit isi kepiting yang jarang sekali ditemukan di Tiongkok.

BACA JUGA:Inilah 4 Makanan China yang Membuat Netizen Menjadi Penasaran, Yuk Kepoin!

1. Crab Rangoon

Hidangan goreng ini bernama Crab Rangoon dan sering ditemukan di restoran China. Pangsit atau wonton adalah masakan asli Cina yang populer di seluruh dunia. Pangsit ini hadir dengan beragam isian, mulai dari ayam, udang, hingga babi.

Namun banyak yang belum mengetahui bahwa pangsit kepiting yang sangat populer tersebut ternyata bukan berasal dari Tiongkok. Pasta kepiting ini dibuat di Burma, khususnya di wilayah Rangoon.

Jadi pangsit dulu lebih dikenal dengan nama Crab Rangoon. Namun, karena bentuknya yang persis seperti pangsit khas Tiongkok, pangsit dari daging kepiting ini sering disajikan di restoran Cina di berbagai negara.

BACA JUGA:Suka Makan Gorengan? Inilah 4 Risol Viral dari Berbagai Kota, Dijamin Enak!

2. Egg Roll

Meski nama ngohiong ala Chinese Food sedang marak di Indonesia, menu di luar negeri mirip sekali dengan egg roll, makanan khas China yang populer. Sayangnya, makanan ini bukan berasal dari Tiongkok. Menurut sejarahnya, egg roll ini diciptakan puluhan tahun lalu di sebuah restoran china yang ada di Amerika.

Seorang pemilik restoran Cina di Amerika mulai membuat lumpia khas Cina dari bahan-bahan lokal. Hingga lahirlah egg roll yang garing di luar dan lembut di dalam.

Bahkan ada yang mengatakan kalau egg roll ini sudah populer sejak lama. Banyak orang memesan telur gulung di Amerika pada tahun 1950-an, meskipun hingga saat itu tidak ada hubungan antara telur gulung dan makanan asli Cina. Tapi penampakannya mirip banget dengan ngohiong (ngohiang), yaitu makanan ala Hokkien dan Teochew.

Sumber: