Ini Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal

Ini Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal--

SILAMPARITV.CO.IDMemulai budidaya ikan tawes kini mulai banyak digemari utamanya menggunakan kolam terpal, tentu saja komoditas perikanan seperti ikan tawes memiliki rasa dan kualitas yang bisa dijamin secara lebih. 

Pastinya hal tersebut disesuaikan dengan teknis budidaya nya yang benar.

Ikan tawes (Puntius gonionatus) merupakan ikan yang memiliki nilai ekonomis penting. 

Selain itu, Direktorat Jenderal Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan telah menjadikan ikan tawes sebagai salah satu jenis ikan yang diprogramkan dalam kerja sama di daerah Jabotabek sejak tahun 2000-an.

BACA JUGA:Inilah 9 Jenis Makanan Ikan Arwana Baik untuk Kesehatan dan Pertumbuhannya, Pembudidaya Wajib Tau!

Ikan tawes memiliki habitat asli yang tinggal di sungai dengan arus deras. Ikan tawes juga mampu bertahan hidup di air payau.

Bagi pemula yang ingin mencoba untuk budidaya ikan tawes di kolam terpal, maka langkah-langkah berikut bisa diikuti.

1. Persiapan Kolam Ikan Tawes

Ikan tawes dapat dibudidayakan di kolam terpal, kolam tembok dan kolam tanah. Kolam terpal menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, namun tetap menghasilkan.

BACA JUGA:Berapa Suhu Air yang Disukai Ikan Cupang? Berikut Penjelasan dan Cara Perawatannya

2. Memilih Indukan

Ikan tawes dapat dipijahkan saat memasuki umur 6 bulan untuk jantan dan 12 bulan untuk betina. Tetapi, untuk budidaya sebaiknya memakai indukan ikan tawes yang berumur lebih dari 10 bulan untuk jantan dan 14 bulan untuk betina.

3. Pemijahan Di Kolam

Karena termasuk dalam keluarga Cyprrinidae, ikan tawes juga memerlukan pemasukan air yang bersih dan segar saat proses pemijahannya.

Sumber: