Ini Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal

Ini Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal--

BACA JUGA:Ini Cara Mudah Ternak Ikan Gabus di Kolam Terpal dan Pembesarannya, Pembudidaya Wajib Tau!

Selain air baru, bak yang akan digunakan untuk memijah juga harus mendapatkan perlakuan khusus terlebih dahulu. Hal ini memiliki tujuan supaya pelaksanaan pemijahan dapat berlangsung dengan baik.

4. Persiapan Pemijahan

Ikan tawes memerlukan bak yang relatif lebih luas yaitu sekitar 200 – 300 m2. Selain itu, kolam pemijahan tawes juga biasanya dipakai sebagai tempat penetasan dan pendederan.

5. Pemijahan

BACA JUGA:Mengenal Ikan Kepala Timah Atau Dikenal dengan Cito Ini, Si Ikan Sawah

Untuk memberikan rangsangan alami pada ikan tawes maka naikkan debit air yang masuk ke dalam kolam pada pukul 16.00 WIB. Biasanya, pada masa ini, induk ikan tawes akan mulai kejar – kejaran.

Selanjutnya, ikan tawes akan mulai memijah sendiri sekitar pukul 19.00 – 22.00 yang ditandai dengan bunyi berdengung. Pemijahan ini biasanya terjadi di kolam terpal pada tepi yang dangkal di depan pintu masuknya air.

6. Pendederan

Selanjutnya, kolam yang dipakai sebagai tempat pendederan biasanya berukuran antara 200 – 600 m2. 

BACA JUGA:Tahukah Kamu ada 5 Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia 2024? Cek Disini! Harganya Selangit

Isi kolam pendederan ikan tawes dengan tinggi air pada pintu jalur masuk air sekitar 40 cm, sedangkan di bagian pintu pengeluaran sekitar 75 cm.

7. Pembesaran Ikan Tawes

Tujuan dari pembesaran ikan tawes yaitu untuk mendapatkan ikan tawes siap konsumsi yang berukuran layak serta mendapatkan induk – induk yang siap digunakan untuk menghasilkan benih jika memungkinkan.

 8. Makanan Ikan Tawes

Sumber: