Ini dia Mitos Gunung Dempo, Sumsel: Diduga Menyimpan Banyak Misteri

Ini dia Mitos Gunung Dempo, Sumsel: Diduga Menyimpan Banyak Misteri

Gunung Dempo, Pagar Alam Sumsel--

SILAMPARITV.CO.IDSama seperti gunung lainnya, Gunung Dempo juga menyimpan banyak misteri dan mitos yang masih diyakini masyarakat hingga saat ini.

Bagi para pendaki dan masyarakat umum, Gunung Dempo sangat terkenal dengan sejarah manusia harimau.

Manusia Harimau konon adalah penjaga Gunung Dempo, ia tidak akan mengganggunya jika dibiarkan. Manusia harimau terkadang terlihat seperti manusia tetapi terkadang berwujud harimau.

Keberadaan Manusia Harimau juga tidak terlepas dari kesaktian tari Ulu atau silat Harimau, dimana tidak semua orang bisa dipilih untuk menyerap ilmu dari guru-guru Dompu.

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 5,08% Lampaui Nasional, Tertinggi Kedua di Sumatera

Mengenai wujud guru, apakah ia manusia atau makhluk gaib masih menjadi misteri.

-Legenda Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat

Apalagi Gunung Dempo identik dengan sejarah legendaris Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat. Permusuhan antara dua orang yang sangat berkuasa ini terus berlanjut hingga ke keturunannya.

Kalau Pahit Lidah yang dikenal dengan nama asli Serunting, merupakan nenek moyang suku Basemah di wilayah Sumatera Barat dan dari Bengkulu.

BACA JUGA:Hindari Berita Hoax (Bohong) Jelang Pemilu, Tetap jaga Zero Konflik 2024

Sedangkan si Mata Empat merupakan nenek moyang suku Komering dan suku Lampung.

Keduanya bertempur hingga titik darah penghabisan, namun sebelum ajal menjemput, Pahit Lidah bersumpah dan mengumpat bahwa siapapun akan turun dari Mata Empat dan menginjakkan kaki di Gunung Dempo akan hancur.

Hingga saat ini, para penjaga Gunung Dompo melarang keturunan suku Komering dan Lampung untuk mendaki gunung tersebut kecuali didampingi oleh wali atau warga Pagaralam.

-Kutukan Diduga Pernah Terjadi

Sumber: