Inilah Cara Mangga Berbuah Kapan saja Hingga di Luar Musimnya

Inilah Cara Mangga Berbuah Kapan saja Hingga di Luar Musimnya

Cara Mangga Berbuah Kapan saja Hingga di Luar Musimnya--

SILAMPARITV.CO.IDMangga adalah salah satu jenis tanaman buah yang banyak terdapat di Indonesia. Tanaman yang menghasilkan buah ini merupakan tanaman yang berbuah rata-rata hanya sekali dalam setahun. 

Di Indonesia musim buah mangga rata-rata jatuh pada bulan Oktober sampai Desember. Karena sifatnya yang berbuah musiman ini  menyebabkan harga jual buah mangga tidak stabil.

Buah mangga Bisa berbuah di luar musim menggunakan ZPT atau hormon pengatur pertumbuhan, 

teknik ini sudah banyak di lakukan juga oleh pekebun tanaman buah mangga di Indonesia, hanya belum semua pekebun menerapkan nya, sehingga buah mangga di Indonesia selalu menunggu musim berbuah saja, dan saat panen raya atau sedang musim panen, selalu harga jual mangga dipekebun akan terjun bebas, maka bila pekebun berhasil membuahkan tanaman mangga di luar musimnya maka harga jualnya tentu akan berlipat ganda, dan tentunya sangat menarik untuk di usahakan agar semangat berkebun buah-buahan akan meningkat.

BACA JUGA:ini Cara Menanam Semangka Bebuah Besar dan Meraup Cuan Gede

1. Cara Membuahkan Mangga di Luar Musim

Sejak jaman dahulu petani mangga sudah mengenal trik membuahkan mangga di luar musim, yaitu dengan cara mengerat kulit pohon (pembuluh floem), mencacah kulit kayu, memaku, mengiris kulit kayu dan mengikat pohon dengan kawat. 

Zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk merangsang pembuahan mangga, agar bunga bisa tumbuh di luar musim di antaranya adalah Paklobutrazol , NAA, Auxin, Potasium Klorat (KClO3),dan Gibberelin.

Paklobutrazol adalah sebuah pupuk tambahan yang berfungsi untuk memacau pertumbuhan bunga dan tumbuhnya percabangan dan daun di pasaran bahan ini sudah bayak beredar luas salah satu merek yang sering mengeluarkan produk ini bermerek Patrol, Cultar dan Goldstar

NAA kepanjangan dari (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat adalah salh satu zat yang sejenis dengan ZPT fungsinya untuk menumbuhkan bunga secara serempak,proses kerjanya degan cara menyemprotkan zat tesebut ke tanaman,

BACA JUGA:Ini Tips Menanam Cabe yang Baik Agar Berbuah Lebat

Auxin adalah zat yang berfungsi untuk merangsang pertuimbuhan bunga dan buah pada tanaman mangga dan pertumbuhan akar pada prose stek batang.Namun di indonesia sendiri zat ini masih tergolong langka di toko pertanian,

Potasium Klorat (KClO3) zat ini bisa di pakai untuk merangsang pertumbuhan bunga tetapi dengan akaran yang tepat.

Gibberelin adalah sebuah zat yang sanagat bagus sekali yang harus di pakai zat ini berfugsi sebagai zat menumbuhkan bunga dan buah di lua musim selain itu juga dapat membuat buah tumbuh lebih besar dan dpat juga mengakibatkan buha tidak tumbuh biji lagi, membuat tumbuh nya biji dan tunas lebih cepat, zat ini juga baik di aplikasikan pada tanaman seperti tomat, cabe,melon, tomat dan semagka.

Sumber: