Inilah 4 Jenis Obat - Obatan yang Harus Diwaspadai

Inilah 4 Jenis Obat - Obatan yang Harus Diwaspadai

ilustrasi obat-obatan yang harus diwaspadai--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPenyalahgunaan obat - obatan adalah penggunaan obat di luar batas yang dianjurkan atau untuk tujuan medis. Pelecehan ini tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

Zat apa saja yang harus diperhatikan? Melansir dari channel YouTube Dr. Friska Gurning, Sp.KJ Siloam Hospitals, Sabtu (17/2/2024) untuk penjelasan lengkap mengenai kecanduan obat - obatan.

4 Jenis Zat Berbahaya

Zat yang terkandung dalam obat ini awalnya digunakan secara medis untuk menghilangkan rasa sakit atau gejala tertentu. Namun obat ini sering disalahgunakan. Berikut ini adalah daftar zat yang terkandung dalam obat-obatan yang harus Anda waspadai saat menggunakannya.

1. Stimulan

BACA JUGA:Sering Kesemutan? Berikut Ini Ketahui 7 Penyebabnya

Stimulan adalah zat yang dapat merangsang susunan saraf pusat. Zat ini mampu meningkatkan semangat atau gairah dalam diri seseorang. Dalam batasan medis yang dianjurkan, obat perangsang dapat bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas fisik dan meningkatkan vitalitas seseorang. Beberapa zat yang tergolong stimulan yaitu kafein, nikotin, kokain, amfetamin, sabu, dan ekstasi.

2. Antidepresan

Antidepresan merupakan salah satu jenis zat yang dapat membantu mengurangi aktivitas fisik. Untuk tujuan medis, seseorang yang mengonsumsi antidepresan jenis tertentu mungkin merasa lebih tenang, mudah tidur, atau bahkan kehilangan kesadaran. Contoh obat depresan termasuk alkohol, obat penenang, dan kodein.

3. Halusinogen

Halusinogen adalah zat yang dapat menimbulkan efek halusinogen pada penggunanya. Secara umum, halusinogen dapat mengubah perasaan, pikiran, dan seringkali menciptakan sudut pandang yang berbeda sehingga menyebabkan gangguan emosi secara umum.

4. Zat Adiktif

Zat yang tergolong paling berbahaya adalah zat adiktif, karena zat ini mengandung ketergantungan paling besar. obat - obatan yang bersifat adiktif antara lain morfin, heroin, ganja, dan opium. Penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan yaitu serangan panik, susah tidur, darah tinggi, dll.

5. Penyebab Kecanduan Obat - obatan

Sumber: