Prospek Bisnis Menjanjikan, ini Cara Budidaya Udang Vaname

Prospek Bisnis Menjanjikan, ini Cara Budidaya Udang Vaname

Udang vaname (Littopenaeus Vannamei)--

SILAMPARITV.CO.ID - Udang vaname (Littopenaeus Vannamei) merupakan udang yang sangat cocok untuk dibudidayakan karena memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap penyakit.

Walaupun udang vaname terlihat mudah untuk dibudidayakan, ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan agar pembudidayaannya menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Mempersiapkan kolam budidaya

Merencanakan konstruksi dan desain kolam menjadi hal penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan kegiatan budidaya.

BACA JUGA:Hati-Hati! Inilah 5 Dampak Negatif Hobi yang Berujung Adiksi

Selain itu, keberadaan sumber air juga perlu dipastikan. Sumber air yang digunakan untuk budidaya udang vaname bisa berupa air laut langsung atau sumur bor dengan salinitas tertentu.

2. Mengisi kolam dengan air

Setelah kolam budidaya sudah siap, di mana tidak ada lubang atau kebocoran, maka bisa dilanjutkan untuk pengisian air ke kolam. Pengisian air ini biasanya hingga ketinggian air 100 cm, dengan salinitas di atas 15 ppt.

3. Mempersiapkan alat-alat

BACA JUGA:Tak Perlu Jauh ke Malang, Jumpai Kebun Apel di Rejang Lebong Bengkulu: Rekomendasi Healing Liburan

Nanobubble adalah alat suplai oksigen terlarut untuk tambak. Nanobubble merupakan generator yang akan menghasilkan gelembung berukuran nano, sehingga menjadikannya efektif dalam transfer gas dan menjaga ketersediaan oksigen terlarut dalam tambak budidaya udang vaname.

4. Sterilisasi kolam

Kolam yang sudah siap dan sudah diisi air bisa dilanjutkan dengan proses sterilisasi. Proses ini dilakukan untuk membasmi semua organisme yang ada di dalam air, yang memiliki kemungkinan untuk membahayakan benur udang.

5. Mempersiapan mikroorganisme

Sumber: