11 Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Cara Mengobatinya

11 Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Cara Mengobatinya

ilustrasi telapak kaki panas--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTelapak kaki panas merupakan hal yang lumrah terjadi saat cuaca panas. Hal ini bisa disebabkan karena menginjak lantai telanjang di bawah terik sinar matahari atau hal lainnya. 

Namun jika tidak berkaitan dengan suhu atau cuaca, kondisi ini patut diwaspadai.

Hal ini dikarenakan rasa panas pada telapak kaki bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi, seperti neuropati diabetik, neuropati kronik, dan penyakit kronis.

Penyakit ginjal penyakit dan banyak kondisi lainnya. Simak di bawah ini penyebab kaki panas dan cara mengobatinya. penyebab Telapak Kaki Panas Selain faktor cuaca atau suhu, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan telapak kaki terasa panas. Berikut penjelasan masing-masingnya.

BACA JUGA:Bingung Anak Susah Makan? Berikut Rekomendasi Susu untuk Meningkatkan Nafsu Makan

1. Kekurangan vitamin

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kekurangan vitamin dapat menimbulkan reaksi tertentu pada tubuh, salah satunya adalah rasa terbakar pada telapak kaki. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin B seperti B1, B6, dan B12.

Perhatikan bahwa kekurangan vitamin B dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada beberapa saraf di tubuh sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti kesemutan di tubuh. tungkai atau telapak kaki terasa panas.

2. Vaskulitis

BACA JUGA:Rahasia Dibalik Kulit Manggis untuk Kecantikan Kulit

Vakulitis adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah mengalami peradangan. Vaskulitis bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk pembuluh darah di kaki. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan nyeri, kesemutan, dan kerusakan jaringan.

3. Kehamilan atau Menopause

Perubahan hormonal pada masa kehamilan atau menopause dapat meningkatkan suhu tubuh dan terkadang menimbulkan sensasi terbakar pada kaki.

Selain itu, ibu hamil cenderung mengalami penambahan berat badan secara alami dan peningkatan cairan tubuh selama hamil. Faktor-faktor ini diyakini berkontribusi terhadap kaki terbakar selama kehamilan.

Sumber: