Bagaimana Agar Bibit Kelapa Sawit Cepat Tumbuh Besar? Begini Caranya!

Bagaimana Agar Bibit Kelapa Sawit Cepat Tumbuh Besar? Begini Caranya!

Bibit Kelapa Sawit --

SILAMPARITV.CO.ID - Kelapa sawit merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan akan tetapi sangat di sayangkan masih banyak orang yang belum memahami tentang pembibitan kelapa sawit tersebut.

Proses pembibitan pada tanaman seperti kelapa sawit sangat penting, karena akan menentukan kualitas sawitnya nanti. 

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana merawat bibit sawit agar lebih cepat besar dan panen dengan baik.

Perawatan bibit kelapa sawit, biasanya mulai sejak bibitnya diambil. Namun bibit yang didapatkan dari pembibit mandiri atau membeli bibit biasanya harus ditunggu dulu sampai usianya cukup atau di atas 12 bulan.

BACA JUGA:Ini Rahasia Menanam Pohon Pisang Kepok Cepat Berbuah

Hal tersebut sebenarnya memiliki dampak positif dan negatif bagi bibit itu sendiri, namun yang terpenting adalah Anda memastikan betul apakah bibit yang akan ditanam memiliki kualitas yang baik.

Cara Membuat Bibit Sawit Cepat Besar

Untuk mendapatkan hasil sawit dengan kualitas yang baik, Anda harus menanamnya dengan cara yang tepat. Agar hasil sawit lebih cepat besar, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Memperhatikan Iklim dan Media Tanam

BACA JUGA:Strategi Sukses Menanam Bawang Merah dalam Pot untuk Hasilkan Cuan Menguntungkan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadikan sawit cepat tumbuh besar adalah memperhatikan dengan baik iklim dan media tanamnya. 

Untuk mempercepat proses pertumbuhan bibit, Anda butuh tanah yang subur dengan kandungan lempung yang tepat dan memiliki pH kurang lebih 4-6.

Selain itu, pastikan juga perkebunan Anda memiliki drainase yang baik agar proses pengaliran air berjalan lancar dan tekstur tanah memiliki tingkat kelembaban yang cukup. 

Jika tanah terlalu lembab, maka bibit akan lebih sulit berkembang. Hal serupa juga dapat terjadi ketika tanah yang digunakan terlalu kering.

Sumber: