6 Tradisi Daerah yang Hanya Bisa Ditemukan di Jambi

6 Tradisi Daerah yang Hanya Bisa Ditemukan di Jambi

Ilustrasi suku tradisi Jambi--freepik

BACA JUGA:Ini Dia Mengenal 8 Jenis Alat Musik kesenian Gamelan dan Cara Memainkannya

Bagi masyarakat setempat, Tari Henna merupakan simbol yang melindungi pengantin wanita dari manusia atau makhluk halus.

4. Tradisi Makan Kelung

Desa Mendahara Iliri di Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki tradisi unik yang dikenal dengan nama “Makan Kelung”. Namun tradisi ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja, yakni ketika salah satu anggota keluarga menderita penyakit aneh.

Tradisi ini diawali dengan pengorbanan wanita yang dianggap suci, yaitu wanita yang tidak sedang menstruasi. Setelah itu, pasien harus melakukan prosesi tertentu di dalam ruangan.

BACA JUGA:Berlangsung di Bulan Suro, Mengenal Tradisi Upacara Adat Suran Mbah Demang

5. Tradisi Kenduri Sko

Upacara adat Kenduri Sko merupakan upacara pemberian gelar kepada seseorang yang dianggap layak menyandang gelar Depat atau Permet. 

Uniknya, saat mengundang tamu, pihak penyelenggara menggunakan bendera sebagai tanda bahwa penerimanya telah diundang ke upacara tersebut. 

Puncak dari upacara ini adalah ketika masing-masing kepala desa membawakan seluruh harta peninggalan dalam upacara penobatan tituler.

BACA JUGA:Indonesia Fashion Week 2024, Tren Fashion Terkini Mengunakan Gaya Nusantara: Tidak Meninggalkan Budaya

6. Tradisi Kumau

Tradisi Kumau merupakan upacara adat yang biasa dilakukan oleh para petani. Upacara adat ini dilaksanakan setahun sekali pada saat kegiatan bercocok tanam akan dimulai. 

Upacara adat ini memiliki beberapa tahapan, dimulai dari Ngapak Jambe atau pembersihan lahan, penyiraman benih dengan air, Nyambau Beneih atau penyemaian benih dan pemasangan phum. 

Nah itulah enam tradisi daerah yang hanya terdapat di Provinsi Jambi. Ternyata banyak sekali tradisi yang sangat menarik di daerah ini.

Sumber: