Mengenal Keanekaragaman Tradisi SumSel, Ada Mandi Kasai

Mengenal Keanekaragaman Tradisi SumSel, Ada Mandi Kasai

danau ranau oku sumsel--

SILAMPARITV.CO.IDTerletak di bagian selatan Pulau Sumatera di Indonesia, Provinsi Sumatera Selatan kaya akan warisan budaya dan tradisi yang unik.

Provinsi ini merupakan rumah bagi beberapa suku dan suku, antara lain suku Palembang, suku Ogan. Suku Komering dan Suku Ranau yang kesemuanya menyumbang kekayaan budaya dan tradisi yang unik.

Berikut beberapa tradisi Sumatera Selatan yang patut diketahui:

1. Tradisi Mandi Kasai

BACA JUGA:Asal Muasal Tari Topeng Cirebon! Mengenal Tari Topeng Khas Cirebon

Salah satu tradisi prewedding warga Lubuklinggau adalah Kasai. Ritual mandi Kasai dilakukan dengan memandikan pasangan suami istri di sungai yang dihadiri oleh teman dan kerabatnya. 

Tradisi ini memiliki dua makna utama, yang pertama melambangkan kedua mempelai meninggalkan masa mudanya dan menikah.

Kedua, pemandian Kasai dipercaya dapat menyucikan jiwa dan raga pernikahan. Tradisi Mandi Kasai inilah yang kemudian menjadi inspirasi tari kreasi Kabupaten Lubuklinggau yang dikenal dengan tari Gadis Bujang.

2. Pengadangan

BACA JUGA:Apa Itu Malam Selikuran? Tradisi Menyambut Malam Lailatulqadar di Indonesia

Salah satu tradisi pernikahan masyarakat Ogan Sumatera Selatan adalah Pengadangan. Pengadangan merupakan perayaan khas yang dilakukan sebelum upacara pernikahan. 

Caranya adalah dengan mencegah mempelai pria mengenakan selendang panjang.

Untuk menyerahkan selendang tersebut, mempelai pria dan pengiringnya harus memenuhi berbagai permintaan yang diajukan oleh mempelai wanita. Perayaan tersebut tidak hanya sebagai bentuk penghormatan tetapi juga dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara dua keluarga yang bersatu melalui pernikahan.

3. Sedekah Serabi

Sumber: