Tips dan Trik Budidaya Tomat dalam Pot, Raup Cuan Menguntungkan

Tips dan Trik Budidaya Tomat dalam Pot, Raup Cuan Menguntungkan

ilustrasi budidaya tomat dalam pot--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBudidaya tomat dalam pot dapat menjadi pilihan yang menguntungkan dan dapat dilakukan di rumah, terutama jika Anda memiliki ruang terbatas atau tidak memiliki kebun. 

Biasanya, tanaman tomat lebih menyukai tanah yang subur dan gembur, dengan pH berkisar 5,5-7. Untuk tanaman tomat yang tumbuh di alam bebas, pohon tomat akan berbentuk seperti perdu, ketinggiannya dapat mencapai hingga 3 meter. 

Namun, seusai dibudidayakan tanaman ini tidak tinggi lebih dari 2 meter dan biasanya akan ditopang menggunakan ajir atau tali untuk menahan agar tidak roboh. 

Berikut adalah beberapa langkah untuk budidaya tomat dalam pot yang dapat menghasilkan cuan yang menguntungkan:

BACA JUGA:Lirik Lagu Minang Eno Viola Maafkan Denai Lagi Trend 2024

1. Pilih Varietas Tomat yang Cocok

Pilih varietas tomat yang cocok untuk dikembangkan dalam pot. Beberapa varietas tomat determinate atau compact bush varieties lebih sesuai untuk ditanam dalam wadah.

2. Pilih Pot yang Tepat

Gunakan pot atau wadah yang memiliki lubang drainase untuk mencegah penumpukan air yang berlebihan. Pastikan pot memiliki ukuran yang cukup besar untuk menampung sistem akar tomat.

BACA JUGA:Bukik Cinangkiak Rekomendasi Objek Wisata 2024 Yang Lagi Naik Daun Wajib Dikunjungi

3. Media Tanam yang Berkualitas

Gunakan media tanam yang baik, seperti campuran potting soil yang kaya nutrisi dan mudah drainase. Anda juga dapat menambahkan kompos atau pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah.

4. Penyiraman yang Tepat

Jaga kelembaban tanah tetapi hindari penumpukan air yang berlebihan. Tanaman tomat suka air tetapi tidak menyukai tanah yang terlalu basah. Pastikan tanah selalu lembab, terutama selama periode panas.

Sumber: