Cara Merawat Anggrek Tanah Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Anggrek Tanah Agar Cepat Berbunga

ilustrasi bunga anggrek tanah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDAnggrek tanah merupakan tanaman hias yang sangat indah dan disukai banyak orang. Bagi yang ingin menanam anggrek tanah, ada cara merawat anggrek tanah agar cepat berbunga dan perlu diperhatikan.

Cara Merawat Anggrek Tanah

Ir. Hadi Iswanto menjelaskan dalam bukunya Panduan Praktis Perawatan Anggrek bahwa anggrek terestrial merupakan tanaman yang banyak membutuhkan sinar matahari langsung. Anggrek tanah juga cepat berbunga jika semua kebutuhannya terpenuhi.

1. Memperhatikan Media Tanam

BACA JUGA:Tips dan Trik Budidaya Tomat dalam Pot, Raup Cuan Menguntungkan

Substrat yang baik untuk anggrek adalah pasir, kulit kayu yang terbakar, dan serasah daun bambu. Kemudian pemilik dapat menambahkan kompos agar lebih subur

2. Perhatikan Peletakan Anggrek Tanah

Anggrek tanah sebaiknya ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Semakin optimal anggrek tanah menerima sinar matahari maka akan semakin cepat pula mekarnya.

Perlu diperhatikan jika anggrek tanah masih berupa bibit maka harus diletakkan di tempat yang teduh. Selain itu, jika benih sudah matang, bisa diletakkan di tempat yang terkena  sinar matahari langsung.

BACA JUGA:Lirik Lagu Minang Eno Viola Maafkan Denai Lagi Trend 2024

3. Proses Penyiraman

Agar anggrek tanah cepat berbunga, Anda perlu memperhatikan penyiramannya. Siram setiap pagi dan jangan menyirami anggrek tanah secara berlebihan karena dapat menyebabkan busuk akar.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara

Anggrek tanah memerlukan sirkulasi udara yang cukup. Sirkulasi udara ini berguna untuk meredam teriknya sinar matahari dan dapat mengurangi resiko penyakit jamur pada tanaman. Semakin sehat tanah anggrek, semakin cepat pula ia berbunga secara alami.

Sumber: